blank
Agus Wuryanto, Kepala Dinas Koperasi Kota Semarang. Foto : Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID) Komunikasi Koperasi Kota Semarang, memperingati Hari Koperasi Nasional ke-75 dengan membagikan 1000 paket sembako kepada masyarakat Kota Semarang yang membutuhkan.

Selain juga melakukan ziarah kepada tokoh-tokoh koperasi di Kota Semarang, salah satunya adalah Ayah Wali Kota Semarang dan beberapa rangkaian kegiatan lainnya, yang puncak peringatannya akan dilaksanakan Kamis (28/7/2022).

Menurut Agus Wuryanto, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Semarang, komunitas koperasi tersebut terdiri dari berbagai usaha koperasi dan tidak berafiliasi dengan Dekopinda (Dewan Koperasi Indonesia Daerah) manapun, jadi tidak ada kaitan dengan Dekopin yang saat ini menjadi dua kubu (dua pimpinan ketua umum).

“Jadi kegiatan itu inisiatif komunitas koperasi tersebut dan dilakukan secara mandiri. Tidak berafiliasi dengan Dekopin manapun. Karena peringatan hari koperasi itukan memang kegiatan untuk gerakan koperasi. Untuk bansos, salah satunya pembagian 1000 paket sembako ke masyarakat Kota Semarang dan untuk ziarah, salah satunya adalah Ayah dari Wali Kota Semarang,” jelasnya kepada SUARABARU.ID di Gedung Pandanaran Semarang.

Sebagai lembaga pemerintah yang menaungi 700 koperasi di Kota Semarang, lanjutnya, pihak Dinas Koperasi hanya bisa menunggu dan melihat perkembangan selanjutnya dari dualisme kepemimpinan Dekopin di tingkat pusat hingga daerah, karena pemerintah tidak bisa memihak salah satunya.

“Karena legal formalnya masih dualisme, kami ya sementara sifatnya with and see (melihat dan menunggu) saja. Saya mengambil keputusan itu juga sudah konsultasi ke Dinas Koperasi Provinsi,” terang mantan Kepala Bapenda Kota Semarang ini.