blank
Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono bersama pengurus Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Kebumen.(Foto:SB/DKD Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Ki Pekik Sat Siswonirmolo kembali memimpin kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Kebumen Periode 2021-2025.

Pengukuhan berlangsung di Pendopo Kabumian Rumah Dinas Bupati Kebumen, Sabtu malam (23/7). Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto, yang diwakili oleh Sekda H. Ahmad Ujang Sugiono. mengukuhkan pengurusDKD Kabupaten Kebumen Periode 2021-2025 dengan pengalungan samir.

Memeriahkan pengukuhan pengurus DKD Kebumen itu ada beberapa hiburan seni dan budaya.Salahsatunya Pagelaran musik dari Kebumen Violin Orchestra (KVO).

Seni Karawitan Mardi Laras dari Permadani Kebumen ikut pula memeriahkan pengukuhan.Kemudian ada Pagelaran Wayang Santri dari grup Nawang Sari menampilkan dalang Ki Widoseno Aji dari Ambal..

Ketua Umum DKD Kabupaten Kebumen Pekik Sat Siswonirmolo mengatakan, keberadaan DKD sebagai wadah para pelaku kesenian di Kabupaten Kebumen dinilai mampu membangkitkan semangat berkesenian di level lokal.

Bahkan, DKD bisa memunculkan embrio para pelaku seni lainnya untuk berkiprah di kancah regional maupun nasional.

“Di sinilah pentingnya eksistensi DKD dalam menjaga tradisi kebudayaan yang telah ada di Kebumen. Dengan kepengurusan yang baru, tentu DKD bertekad memajukan seni dan budaya di Kabupaten Kebumen dengan penuh semangat,”ujar Ki Pekik.

Butuh Perhatian dan Dukungan Pemkab.

Dirinya juga berharap kepada Pemkab Kebumen memberikan perhatian dan dukungan terhadap DKD agar dapat mewujudkan tekad memajukan seni dan budaya di Kabupaten Kebumen,.

Menurut Pekik Sat Siswonirmolo, perhatian pemerintah daerah terhadap DKD sangat diperlukan agar ada sinergitas yang baik antara Pemkab Kebumen dengan DKD, utamanya dalam memajukan seni budaya di Kebumen.

“Mulai sekarang perhatian itu sangat diharapkan. Mudah-mudahan, DKD bisa bersama-sama menjaga dan nguri-uri budaya kita,”imbuh Ki Pekik.

Bupati Kebumen,Arif Sugiyanto dalam sambutan tertulis menyampaikan selamat atas pengukuhan para pengurus DKD yang baru, Dengan adanya Pengukuhan ini Bupati berharap dapat memotivasi DKD dalam menjaga dan melestarikan budaya di Kebumen ini..

“Semoga kesenian dan budaya di Kabupaten Kebumen akan terus berkembang dan lestari,”ujar Bupati dalam sambutan yanag dibacakan Sekda Ahmad Ujang Sugiono,

Ketua Umum DKD Kebumen Pekik Sat Siswonirmolo menambahkan, pihaknya akan segera menjadwalkan rapat pengurus tahun 2022, guna membahas prioritas program kerja di masing-masing komite.

Struktur DKD Kabupaten Kebumen 2021-2025, posisi Ketua Umum dijabat oleh Pekik Sat Siswonirmolo, Ketua I Slamet Pramono, Sekretaris Agung Prasetyo, dan Iswanto, Bendahara Ary Susanto dan Endah Ari Wardani, serta jajaran pengurus pelaksana teknis dan koordinator masing-masing jenis kesenian.

Komper Wardopo.