Sekda menyerahkan alat kerja TMMD secara simbolis. Foto: ist

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID) – Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto, membuka TMMD 114 Sengkuyung Tahap II di Desa Krinjing, Kecamatan Kajoran, hari ini Selasa (26/7/2022).

Sekda mengatakan, program TMMD telah menjadi bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan, serta kegotongroyongan, untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan. Karena untuk mengatasi kemiskinan dan pengangguran, mewujudkan daulat pangan dan energi, memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, memberantas narkoba, memperkuat semangat nasionalisme dan patriotisme.

“Sinergitas dan kemanunggalan TNI dan rakyat, serta Pemerintah Pusat dan Daerah melalui TMMD seperti inilah menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu atau persoalan terkini dengan solusi,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan elemen masyarakat terutama TNI yang telah membantu secara moril dan materiil. Berkat kerja keras dan kesungguhan dari semua unsur, kegiatan TMMD dapat terselenggara dengan aman dan lancar sesuai dengan rencana.

“Melalui TMMD ini, mari kita gelorakan lagi semangat kolektifitas, kerja-kerja kolosal, serta persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat yang ada,” pintanya.

Sekda berharap TMMD kali ini bisa disisipkan aneka program yang menggugah ke-Indonesiaan, wawasan kebangsaan dan nilai-nilai nasionalisme. Menurutnya, hal itu penting, mengingat maraknya hoaks, perundungan (bullying) dan ujaran kebencian yang muncul di tengah kehidupan bermasyarakat yang berpotensi memecah belah bangsa.

Sementara Danramil Kajoran, Kapten Infanteri Abriyanto Tego Cahyono, mengatakan, kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0705/Magelang di Desa Krinjing akan dilaksanakan 26 Juli-24 Agustus 2022.Sasaran kegiatannya, berupa cor blok panjang 1.420 meter lebar 2,5 meter dan tebal 0,1 meter. Sedangkan kegiatan nonfisik yang akan dilaksanakan antara lain penyuluhan Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, penyuluhan Kamtibmas dan Narkoba, serta kesehatan.

Diharapkan melalui pembangunan cor blok tersebut dapat memperlancar arus transportasi antar desa dan antar kecamatan, meningkatkan perekonomian masyarakat, meningkatkan jiwa gotong royong masyarakat, dan meningkatkan kemanunggalan TNI rakyat.

Eko Priyono