blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat dalam acara khataman Alquran. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sebagai wujud rasa syukur dan upaya meningkatkan iman dan taqwa seluruh komponen masyarakat, di Hari Jadi ke-197 Wonosobo ini, Pemkab setempat menyelenggarakan khotmil quran dirangkai do’a dan “Wonosobo Bersholawat”.

Khotmil Quran diikuti serentak oleh seluruh perangkat daerah, BUMN/BUMD, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa/ Kelurahan dan masyarakat umum.

Selain itu, dari lembaga pendidikan formal dan non formal, antara lain pondok pesantren, madrasah diniyah, lembaga pendidikan Al Quran, MA/MTs/MI dan satuan lembaga pendidikan lainnya, yang terhubung melalui zoom meeting.

Bupati Afif Nurhidayat tidak menyangka, gerakan khotmil quran yang dipusatkan di Ruang Perundingan Rumah Dinas Bupati tersebut, mencapai lebih dari seribu kali khatam, yang melebihi dari target semula, sebanyak 197 kali.

Afif berharap, kegiatan ini mampu menjadi motivasi hidup dalam mewujudkan Wonosobo yang lebih maju, lebih prospektif, dan makin inovatif mensejahterakan masyarakat.

Pihaknya mengapreasi antusiasme instansi, lembaga dan masyarakat yang mengikuti Khotmil Qur’an ini, awalnya kami hanya menargetkan 197 kali khataman, hari ini ternyata Wonosobo khataman 1000 kali lebih.

Wonosobo Bersholawat

blank
Khataman yang dilakukan di Dinas Sosial dan PMD Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

“Alhamdulillah, semangat ini harus dirawat, agar memberikan dampak positif mewujudkan Wonosobo yang lebih maju, lebih prospektif, dan makin inovatif mensejahterakan masyarakat Wonosobo,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati M Albar menuturkan, melalui khataman serentak, menjadi keberkahan tersendiri bagi masyarakat Wonosobo.

Diharapkan kesejahteraan warganya semakin meningkat,dan segera bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi global Covid-19. Sehingga impian besar mampu dicapai bersama-sama.

Kepala Kantor Kemenag Wonosobo Ahmad Farid menekankan, pentingnya membumikan ajaran dan nilai Alquran. Farid berpesan, agar masyarakat mempraktikkan nilai yang terkandung di Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Farid, Wonosobo akan sampai pada puncak kejayaannya, jika mampu memanfaatkan kemajuan zaman, dengan tetap berpegang teguh pada nilai agama, sosial, umum dan moralitas.

Khotmil Quran sebagai rangkaian puncak peringatan hari jadi Wonosobo ini ditutup dengan “Konser Wonosobo Bersholawat” bersama Habib Ali Zainal Abidin Assegaf di Alun-Alun Wonosobo.

Muharno Zarka