blank
Salah satu pejabat mengikuti proses tes urine. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Magelang melakukan tes urine bagi pejabat struktural di lingkungan Pemkab Magelang. Dilaksanakan di ruang Bina Karya Setda Kabupaten Magelang, Senin (25/7/2022).

Plt Kepala Kesbangpol Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi menyampaikan, kegiatan tes urine bagi para pejabat struktural di lingkungan Pemkab Magelang itu dilakukan secara mendadak usai kegiatan apel pagi. Namun  demikian kegiatan tersebut belum bisa menjangkau seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Magelang karena adanya keterbatasan kuota.

Lebih lanjut Nanda menjelaskan, tujuan kegiatan tes urine bagi para pejabat di lingkungan Pemkab Magelang itu di antaranya dalam upaya pencegahan dan menghindari bahaya narkoba. “Kita sebagai aparat sipil negara harus mampu memberikan contoh yang baik kepada warga masyarakat,” katanya.

Selain untuk melakukan pencegahan bahaya narkoba di lingkungan Pemkab Magelang, kegiatan tersebut juga sebagai upaya untuk menyukseskan program nasional Gerakan Masyarakat Sehat (Germas)

Disebutkan, jumlah kuota tes urine di lingkungan Pemkab Magelang yang disediakan oleh BNN sebanyak 150 kuota. Ditambah 50 kuota untuk siswa SMK Muhammadiyah Borobudur dan 50 kuota lagi untuk siswa SMA 1 Kota Mungkid.

Dari hasil tes urine di lingkungan Pemkab Magelang ada satu orang yang menunjukkan hasil positif (obat). Tetapi disertai resep dari dokter.

Eko Priyono