blank
Bupati Kendal, Dico M Ganinduto saat memberikan sambutan.(FOTO:SB/ Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Bupati Kendal, Dico M Ganinduto membuka acara Pekan Olahraga Dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) ke-VI Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Kendal, di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Senin (25/07/2022).

Hadir dalam acara ini, Forkopimda Kendal, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD) terkait, Pimpinan Nahdlatul Ulama(NU) Kendal, Pimpinan Muhammadiyah Kendal, dan ratusan peserta dari masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Kendal.

Ketua Panitia Kegiatan Porsadin Tingkat Kabupaten Kendal, Akhmad Saiful Anwar mengatakan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan Porsadin ke- VI Tingkat Kabupaten Kendal, untuk membangun sumber daya manusia yang bertaqwa, sehat, kuat, tangguh jasmani dan rohani, berkualitas, berdaya saing, dan menggali serta mengembangkan potensi santri Madrasah Diniyah Takmiliyah melalui bakat dan minat dalam bidang olah raga dan seni.

“Selain itu, juga meningkatkan ukhuwah islamiyah antar Madrasah Diniyah dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan, dan memperkuat peran, fungsi, serta posisi Forum Komunikasi Diniyah Takimiliyah (FKDT),” kata Akhmad Saiful Anwar.

Akhmad Saiful Anwar juga menjelaskan, bahwa kegiatan ini diikuti sekitar 485 orang peserta, yang mana lolos dalam lomba Porsadin tingkat kecamatan.

Akhmad Saiful juga menyatakan, bahwa dalam Pokdin ini ada 14 kegiatan yang dilombakan, diantaranya Tahfidh Juz Amma, Murotal Wal Imrak’, Kaligafi, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Indonesia, Puisi Islami, Qiroatul Kutub Safinatunnajah, MTQ, Lari 60 m, Lari 80 m, Catur Cepat, Tenis meja Bulutangkis, dan Cerdas Cermat Diniyah.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto, mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas terselenggarakannya kegiatan ini. Ia berharap, dengan adanya kegiatan seperti ini, ke depan dapat melahirkan potensi santri yang lebih baik lagi dan para santrinya bisa menjadi agen perubahan.

“Buktikan bahwa kalian bisa dan meraih prestasi ke jenjang yang lebih tinggi. Semoga Allah SWT selalu meridhoi di setiap langkah kita,” kata Bupati Kendal Dico M Ganinduto.

Dico menjelaskan, bahwa Kabupaten Kendal memiliki visi misi Kendal Handal, Unggul, Makmur dan Berkeadilan. Selain itu, Kabupaten Kendal juga fokus pada empat pilar pembangunan, yaitu pembangunan industri, pariwisata, usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan generasi 4.0 atau pengembangan sumber daya manusia.

“Terpenting adalah pilar yang keempat yaitu pengembangan SDM. Yaitu, bagaimana kita harus memastikan pengembangan SDM Kendal ini mengalami peningkatan yang signifikan,” ujar Dico.

Menurut Dico, untuk meningkatkan SDM, yaitu dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang positif terkait minat bakat untuk menggali potensi SDM masyarakat Kabupaten Kendal.

“Pemerintah Kabupaten Kendal akan terus mendukung kegiatan Porsadin ini, dan ke depan akan menyelenggarakan lebih besar lagi, agar dapat menggali minat bakat, cita-cita dan keinginan bersama sehingga benar-benar dapat menghasilkan SDM yang lebih baik lagi,” ucap Dico. Sapawi