blank
Narasumber Tri Mulyani memaparkan materi pada workshop yang diselenggarakan UKM PIB USM. (Foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pengawal Ideologi Bangsa (PIB) Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan Workshop Kepemimpinan Pancasila secara daring, baru-baru ini.

Kegiatan ini bertema ”Mengembangkan Kepemimpinan Pancasila Organisasi Mahasiswa Universitas Semarang Dalam Rangka Persiapan Menuju Indonesia Emas 2045”.

Kegiatan menghadirkan narasumber yakni Pembina UKM PIB USM serta Dosen Fakultas Hukum USM, Tri Mulyani SPd SH MH dan Wakil Rektor III, Dr Muhammad Junaidi SHi MH.

Tri Mulyani mengatakan, dalam kegiatan ini narasumber memberikan materi tentang upaya memperkuat semangat dan jiwa kepemimpinan mahasiswa.

Selain itu juga tentang cara menjadi pemimpin organisasi mahasiswa USM yang berkarakter Pancasila dalam rangka persiapan menuju Indonesia emas 2045.

”Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja UKM PIB yang dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap mahasiswa agar memperkuat jiwa kepemimpinan Pancasila dalam kiprahnya berorganisasi,” ujar Tri.

Ketua Umum UKM PIB USM, Rusgiharto mengatakan, kegiatan ini adalah bagian program kerja musker Orma USM yang dihadiri 192 peserta.

Workshop ini diselenggarakan untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa secara individu maupun yang terlibat dalam organisasi, mengenai pentingnya memiliki jiwa dan semangat kepemimpinan Pancasila sebagai manifestasi agent of change.

”Saya berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin pada periode kepengurusan organisasi selanjutnya, sehingga dapat memotivasi dan membekali para peserta tentang karakter pemimpin yang baik dan berjiwa Pancasila,”tandasnya.

Muhaimin