Ketua Kontingen Jepara, Haryanto. (Foto:Aksl)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kabupaten Jepara ternyata tidak bisa mempertahankan posisi kelima Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jawa Tengah tahun 2022 yang berakhir Selasa (19/7/2022). Pada detik-detik terakhir, Jepara melorot ke peringkat 7, disalip Kabupaten Kudus dan Pati.

Menyesakkan, karena jumlah medali emas yang diraih Jepara sebenarnya sama dengan kedua daerah itu, yakni 9. Bahkan kabupaten Blora yang berada di peringkat 4 pun juga meraih 9 emas.

“Maaf, Mas, tidak jadi peringkat 5. Kita posisi 7. Kurang beruntung karena mendapat medali perak paling sedikit di antara empat daerah eks-Karesidenan Pati yang meraih 9 emas,” kata Ketua Kontingen Jepara, Haryanto, Rabu (20/7/2022).

Keempat daerah tersebut adalah Kabupaten Blora, Kudus, Pati, dan Jepara. Sedangkan Rembang menjadi satu-satunya kabupaten di wilayah Pati Raya yang tertinggal jauh setelah hanya mendapat 1 medali emas.

Haryanto semula memperkirakan Jepara bisa bertahan di posisi lima karena pada hari terakhir meraih 9 medali emas. Ternyata pada detik-detik terakhir Pati dan Kudus yang semula mengoleksi 8 emas, sama-sama mendapat tambahan 1 emas menjelang penutupan.

Bagi Haryanto, prestasi tim Popda “Kota Ukir” tetap membanggakan. Apalagi peringkat ke-4 sampai ke-7 yang ditempati berurutan oleh 4 kabupaten itu, hanya dibedakan medali perak. Kabupaten Blora berada di peringkat ke-4 dengan 9 emas, 10 perak, dan 13 perunggu. Berikutnya Kudus (9, 8, 13), Pati (9, 8, 8), baru Jepara (9, 7, 11).

Sedangkan juara umum diraih Kota Surakarta (29, 31, 25), berikutnya Kota Semarang (24, 21