blank
Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose saat melakukan pertemuan bilateral bersama Komisioner Australian Federal Police (AFP), Reece Kershaw. Foto: Dok/BNN RI

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Dr. Petrus Reinhard Golose melakukan pertemuan bilateral bersama Komisioner Australian Federal Police (AFP), Reece Kershaw, Rabu (20/7/2022).

Pertemuan yang digelar di kantor BNN RI, Cawang, Jakarta Timur tersebut merupakan kelanjutan atas pembaruan nota kesepahaman yang telah ditandatangani keduanya pada tahun 2021, setelah sebelumnya dilakukan penandatanganan pada tahun 2011.

Reece Kershaw menyampaikan, pada nota kesepahaman tersebut BNN RI dan AFP sepakat bekerja sama dalam melakukan pertukaran informasi dan data intelejen, terkait perdagangan narkotika, koordinasi utama dalam operasi, termasuk kegiatan koordinasi memperkuat dan memantapkan jalinan kerja sama yang ada di antara dua belah pihak dan bantuan kerja sama dalam bidang kapasitas dan pengembangan profesionalitas.

“Kami telah melakukan MoU dengan BNN, kami memiliki tujuan bersama terkait dengan masalah narkotika,” ujar Reece Kershaw.

Reece Kershaw menambahkan, pihaknya dan BNN telah melakukan pertukaran gagasan, strategi, dan inovasi dalam memerangi organized crime khususnya terkait penyelundupan narkotika.

“Kami memiliki tujuan bersama terkait dengan isu narkotika, hingga kami melakukan pertukaran gagasan, strategi, dan inovasi untuk memerangi organized crime khususnya peredaran gelap narkotika,” kata Reece Kershaw.

Dalam pertemuan antara Kepala BNN RI dan Komisioner AFP, keduanya membahas terkait isu-isu yang menjadi kepentingan bersama dalam menangani permasalahan transnational crime, serta penguatan kerja sama dalam bidang hukum.

“Bilateral meeting antara BNN RI dengan Australian Federal Police ini dalam rangka kerja sama, terutama menghadapi transnational organized crime, yaitu cyber narcotism, narcoterrorism, dan kejahatan-kejahatan narkotika lain dengan modus yang baru,” ungkap Petrus.

Ning Suparningsih