blank
Peluncuran Aplikasi Sipirang yang berlangsung di aula KPU Kota Semarang secara hybrid. Foto: Dok/KPU Semarang

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang resmi meluncurkan Sipirang, yang merupakan aplikasi visualisasi informasi pemilihan umum Kota Semarang, Selasa (19/7/2022).

Dalam launching ini dilakukan di Aula KPU Kota Semarang secara hybrid, yakni melalui aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan lewat kanal Youtube KPU Kota Semarang.

Sekretaris KPU Kota Semarang, Hari Soesilo (Harsoes) menyampaikan, aplikasi Sipirang ini untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat mendapatkan data Pemilu Kota Semarang, yakni cukup membuka laman website KPU Kota Semarang.

“Untuk mendapatkan data Pemilu di Kota Semarang kini semakin mudah, masyarakat cukup membuka laman website KPU Kota Semarang. Lihat pojok kanan bawah, ada tautan untuk membuka aplikasi Sipirang. Di sana semua data Pemilu Kota Semarang tersaji lengkap, bisa diakses dimanapun dan kapanpun,” ungkap Harsoes.

Harsoes yang merupakan penggagas aplikasi Sipirang menyebut, bahwa aplikasi ini merupakan pengembangan dari website.

“Kami melakukan pengembangan updating website yang sudah ada, yaitu dengan melakukan beberapa perubahan atau peremajaan,” ujarnya.

Menurut Harsoes, bagian pokok yang perlu dilakukan pengembangan adalah inputing data terkait dengan hasil kepemilihan yang telah lalu.

“Pada informasi ini seluruh hasil kepemiluan dapat diakses oleh masyarakat yang membutuhkan. Ini memberikan kemudahan akses bagi masyarakat, memangkas birokrasi, perluasan pelayanan kepada semua orang, juga untuk menumbuhkan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada KPU,” tandas Harsoes.

Sementara itu Ketua KPU Jawa Tengah, Paulus Widyantoro menyampaikan, aplikasi Sipirang memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses data Pemilu Kota Semarang, dimanapun tempatnya.

“Aplikasi ini mempermudah semua proses informasi keperluan baik sebelum atau setelah Pemilu bagi masyarakat luas, kalangan akademisi, partai politik, juga media,” terangnya.

“Diharapkan aplikasi ini akan semakin berkembang dan menjadi bagian dari upaya untuk citra positif KPU di tengah masyarakat. KPU bisa menjadi lembaga yang semakin transparan, semakin mempermudah proses ingin tahu masyarakat, dan bisa menjadi tempat belajar bagi semua pihak yang ingin belajar dan mengetahui tentang Pemilu, proses-prosesnya serta hasil-hasilnya,“ jelas Paulus.

“Semoga ke depan semakin banyak inovasi-inovasi yang bisa dihasilkan oleh keluarga besar KPU, dan KPU seluruh Indonesia,” harapnya.

Selain Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, hadir dalam launching Sipirang diantaranya Kepala ombudsman RI Jawa Tengah, perwakilan Kepala Sekretariat Presiden, Gubernur Lemhanas, Ketua Komisi Informasi RI, dan Wakil Walikota Semarang.

Ada juga dari DPRD Kota Semarang, pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Semarang, ketua dan anggota serta sekretaris dan pejabat struktural KPU Kota Semarang, serta KPU kabupaten/kota di wilayah Jawa Tengah.

Ning Suparningsih