blank
Petugas Polsek Giriwoyo Polres Wonogiri bersama Anggota Koramil setempat, memeriksa temuan petasan dan rentengan mercon sepanjang 1,5 M yang ikut menyatu pada balon udara.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Balon udara berukuran raksasa, ditemukan tersangkut di Pohon Jati dan Rumpun Bambu di Dusun Ngudal, Desa Platarejo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri. Balon rakitan ini, membawa serta ratusan petasan berbagai ukuran.

Semalam, Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto dan Kapolsek Giriwoyo Iptu Sumarwan melalui Humas Polres Wonogiri, menyatakan, balon udara pembawa ratusan petasan itu ditemukan pertamakali oleh Kakek Maridi (73) warga Dusun Ngudal RT 1/RW 8. Itu berlangsung saat dia dalam perjalan ke ladangnya.

Lokasi penemuan berada di tanah kebun milik petani Suripto (60) penduduk Dusun Ngudal RT 1/RW 8 Desa Platarerjo, Giriwoyo, Wonogiri. Saat ditemukan, api di komponen sumbu balon tidak lagi menyala.

Temuan itu segera diberitahukan kepada Warsino (54) dan Sumardi (36) serta Ketua RT setempat, Asep Sulhadi (32). Yang kemudian dilaporkan ke Polsek Giriwoyo.

Petugas piket Polsek Giriwoyo terdiri atas Ka SPKT-3 Aiptu Widodo dan Bripka Yulianto, Senin petang (18/7) segera mendatangi lokasi temuan untuk melakukan penanganan. Saat itu ditemukan tabung ukuran besar sampai kecil yang terangkai dan tergantung pada cincin kerangka dasar balon.

Rentengan Mercon

Tabung-tabung berbentuk silinder itu adalah petasan berukuran besar dan sedang, yang direnteng dan disatukan pada bagian dalam balon. Juga ditemukan rentengan mercon ukuran kecil yang diikatkan pada kerangka lingkaran dasar balon.

blank
Kecuali rentengan mercon berukuran kecil, juga ditemukan petasan ukuran bersar dan sedang, yang ikut menyatu di dalam balon udara rakitan.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

Bersama pamong desa dan warga masyarakat serta Anggota Koramil Giriwoyo, kemudian dilakukan pengambilan balon udara yang tersangkut pada Pohon Jati dan Rumpun Bambu tersebut. Selanjutnya diangkut ke Mapolsek Giriwoyo bersama ratusan petasan dalam beragam ukuran.

Berkaitan itu, petugas mengamankan barang bukti berupa satu unit balon udara rakitan terbuat dari bahan plastik memakai lakban sebagai perekatnya, lengkap dengan cincin lingkar kerangka dasarnya dan sumbu api berdiameter 3 M. Juga petasan ukuran besar berdiameter 10 CM panjang 30 CM sebanyak 10 buah.

Petasan ukuran sedang diameter 8 CM masing-masing memiliki panjang 20-30 CM sebanyak 9 buah. Berikut petasan ukuran kecil
berdiameter 1 CM panjang 8 CM, yang terangkai dari masing-masing sumbunya sebanyak 1 renteng sepanjang 1,5 M.

Untuk pengamanan, barang bukti petasan dimusnahkan dengan cara direndam air dalam ember. Siapa pembuat dan yang menerbangkan balon tersebut, masih dalam penyelidikan petugas. Juga belum diketahui motif menerbangkan balon udara yang dilengkapi rentengan petasan tersebut.

Bambang Pur