GKJ Klasis Magelang
Para remaja dari GKJ Magelang menari tarian khas Kota Magelang yakni ‘Kunthulan” pada acara Festival Seni GKJ Klasis Magelang di GKJ Magelang Pepanthan Glagahombo, Desa Glagahombo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Foto: W. Cahyono

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID)- Gereja Kristen Jawa (GKJ) Klasis Magelang kembali menggelar festival seni yang diikuti 11 GKJ di Kota dan Kabupaten Magelang.

Festival seni GKJ Klasis Magelang ke empat kalinya yang dilaksanakan Minggu (17/7/2022) tersebut dilaksanakan setelah hamper dua tahun vakum, karena adanya pandemi covid-19.

‘’ Festival seni ini  digelar setiap dua tahun sekali  dan sempat vakum hampir tiga tahun terakhir, karena adanya pandemic covid-19. Pada tahun 2022 ini dilaksanakan di GKJ Magelang Pepanthan Glagahombo, Desa Glagahombo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang,” kata Ketua Panitia Festival Seni GKJ Klasis Magelang, Fajar Nandono di sela-sela kegiatan tersebut, Minggu ( 17/7/2022).

Fajar mengatakan, salah satu tujuan kegiatan tersebut yakni  untuk melestarikan  kebudayaan tradisional, khususnya budaya Jawa sesuai dengan misi dari GKJ.

Selain itu, kegiatan tersebut juga  sebagai ajang mengembangkan  talenta ( bakat) yang dimiliki masing-masing  umat kristiani di 11 GKJ yang ada di Klasis Magelang .

Ia menambahkan, kegiatan tersebut  merupakan salah satu bentuk upaya untuk mengarahkan  umat  Kristen dalam mengasah kreatifitas,  agar bisa   digunakan untuk melayani Tuhan serta memberi dampak positif di tengah lingkungan masyarakat.

“Acara ini juga untuk memberikan hiburan bagi masyarakat yang ada di sekitar GKJ Glagahombo ini,” imbuhnya.

Menurutnya, selama empat kali pelaksanaan festival  seni tersebut  dengan mengambil tempat  yang berbeda –beda yakni di 11 GKJ yang tergabung dalam Klasis Magelang.

Ke -11 GKJ yang tergabung dalam GKJ Klasis Magelang  yakni GKJ Ngablak, GKJ Gumuk di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, GKJ Bono, GKJ Kenalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, GKJ Grabag, GKJ Secang, GKJ Mertoyudan, GKJ Muntilan dan GKJ Salaman. Selain itu juga dua  GKJ yang ada di wilayah Kota Magelang yakni GKJ Plengkung dan GKJ Magelang.

Menurutnya, kegiatan yang berlangsung satu hari tersebut , merupakan salah satu misi  dari GKJ yakni melestarikan kebudayaan yang ada khususnya budaya Jawa.
Pada kegiatan tersebut, masing-masing gereja menampilkan berbagai  kesenian tradisional seperti soreng ,tari topeng ireng , tarian modern dan berbagai atraksi lainnya.  Sebelum acara dimulai, para peserta melakukan kirab dari  depan rumah Kepala Dusun Sanggrahan  menuju  lokasi acara yang berjarak sekitar 300 meter yakni di samping GKJ Glagahombo. W. Cahyono