blank
Kepala Lapas Kelas II A Kendal, Samsul Hidayat mengangkat makanan dalam platik yang dibawa keluarga narapidana.(FOTO:SB/ Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)-Lembaga Pemasyarakatan(Lapas) Kelas II A Kendal mulai hari ini, Kamis 14 Juli 2022 membuka kunjungan tatap muka bagi keluarga narapidana, setelah dua tahun lamanya ditiadakan akibat adanya pandemi Covid-19.

“Selama pandemi Covid-19, kunjungan terhadap narapidana (Napi) ditiadakan, namun diganti dengan video call. Meski sekarang bisa menjenguk, keluarga harus sudah melakukan vaksin booster dan keluarga juga yang terdaftar dalam data di Lapas,”kata Kepala Lapas Kelas II A Kendal, Samsul Hidayat di kantornya, Kamis(14/07/2022).

Menurut Samsul Hidayat, syarat utama keluaraga yang menjenguk harus sudah melakukan vaksin ketiga atau vaksin booster, kedua keluarga yang bisa berkunjung juga dibatasi dua orang dengan ketentuan tatap muka 15 menit.

Meski demikian, waktu kunjungan bisa menyesuaikan jika yang menjenguk tidak banyak yakni bisa sampai 30 menit.

Selain itu, seorang Napi hanya bisa dikunjungi satu minggu sekali dan pengunjung maksimal juga harus dua orang.

“Bahkan, keluarga warga binaan ketika akan memberikan makanan dari rumah juga harus dilakukan pemeriksaan. Kemudian, makanan akan diberi label nama oleh petugas, setelah jam besuk selesai, maka akan diberikan kepada yang bersangkutan,”ujar Samsul Hidayat.

Untuk hari ini, lanjut Samsul, ada 30 warga binaan yang sudah dijenguk keluarganya dan batas waktu pendaftaran jam kunjungan dari pukul 08.00 hingga pukul 11. 30.

Salah satu pembesuk, yakni Yolanda(35) yang akan membesuk suaminya mengaku senang, karena sudah dua tahun lamanya tidak bisa tatap muka dan hanya lewat video call.

Dengan dibukanya kunjungan tatap muka ini, ia merasa lega bisa melihat kondisi suaminya secara langsung. Sapawi