blank
Kepala Bidang SD Edy UtoyoDinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Jepara (Foto : Aksl )

JEPARA (SUARABARU.ID) – Siswa dari wilayah Jepara utara mendominasi Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2022, jenjang SD. Itu bertimbas pada wakil yang akan dikirim “Kota Ukir” menuju babak seleksi nasional.

Dari 10 tiket yang diperebutkan, terdapat 5 tiket yang diraih siswa asal kecamatan-kecamatan di utara kota Jepara. Sementara kecamatan kota kebagian 2 tiket. Sedangkan wilayah kecamatan di selatan kota Jepara hanya kebagian 3 tiket.

Hal tersebut berdasar data hasil FLS2N tingkat Kabupaten Jepara dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora). Kepala Bidang SD Edy Utoyo pada Kamis (14/7/2022) mengatakan, final FLS2N tingkat kabupaten yang digelar di lingkungan Disdikpora, telah selesai Selasa (12/7/2022). Meski menetapkan pemenang hingga juara 3 pada masing-masing cabang lomba, tidak semua dikirim ke babak seleksi nasional.

“Yang berhak maju ke babak seleksi nasional hanya juara 1 dan juara 2,” kata Edy Utoyo.

FLS2N jenjang SD terdiri atas 5 cabang lomba. Berdasar data pemenang yang dirilis Disdikpora, terdapat lima tiket ke tingkat nasional yang diperoleh siswa asal Jepara utara. Kelimanya terdiri dari 4 gelar juara 1 dan 1 gelar juara 2.

Selengkapnya, juara 1 gambar bercerita atas nama Melani Nur Afisa (SDN 5 Suwawal, Pakisaji), juara 1 kriya anyam oleh Anita Afidatun Maulidah (SDN 4 Bangsri, Bangsri), juara 1 pantomim yang diwakili duet M. Ravsan Arjun dan M Dwiki Chesta Adaby (SDN 5 Bangsri, Bangsri) dan juara 1 seni tari oleh trio Nuranggi Mei Fajarani, Sabrina Maulidia, dan Agnes Aprilia Arya Safitri (SDN 4 Jambu, Mlonggo).

Tambahan satu tiket diperoleh dari prediket juara 2 pantomim atas nama Muhammad Yogi Aditama dan  Najwa A’immatulhusna (SDN 2 Jambu, Mlonggo).

Sementara Kecamatan Jepara memperoleh dua tiket melalui gelar juara 1 menyanyi atas nama Stefanie Alexandra Moa (SDN 1 Panggang) dan juara 2 gambar bercerita yang diraih Muhammad Wildanus Syarif (SDN 3 Pengkol).

Sedangkan wilayah kota ke selatan yang mendapat tiga tiket tersisa, terdiri dari juara 2 menyanyi oleh Arkan Narendra Febrilliant (SDIT Sula 5, Kalinyamatan), juara 2 kriya anyam oleh M. Dennis Setyawan (SDN 5 Ngabul, Tahunan), dan juara 2 cabang tari oleh trio Ahmad Arya Syafi’i,  Dastan Dwi Noris, M. Daffa Aditya (SDN 1 Blimbingrejo).

Sementara itu, 5 gelar juara 3 FLS2N SD tahun ini, diraih Ahmad Haikal Ishak (menyanyi, SDN 1 Bandungharjo, Donorojo), Aqilah Zafina Radisty (gambar bercerita, SDN 4 Suwawal, Mlonggo), Muhammad RizqiMuzaqi (kriya anyam, SDN 1 Manyargading), Alif Nasa Abdilah dan Ahmad Noval Anggareza (pantomim, SDN 3 Pecangaan Wetan, Pecangaan), serta Defaira Azkadina, Syafira Aulia Ramadhani, dan Dewi Nur Amalina (tari, SDN 2 Krasak, Bangsri)

Hadepe – Aksl