blank
Personel Polresta Surakarta sedang melakukan penyemprotan desinfektan di kandang kerbau milik Karaton Surakarta  di Alun-alun Selatan Solo. Foto: Humas Resta

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Kandan kerbau milik Kasunanan Surakarta Hadiningrat disemprot disinfektan untuk mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Penyemprotan yang dilakukan Pilres Surakarta dan bersama Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (Dispertan dan KPP) juga menyasar Pasar Hewan.

“Penyemprotan disinfektan dilakukan bekerja sama dengan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kota Surakarta untuk mencegah penyebaran PMK pada hewan ternak,” kata  Kabagops Polresta Surakarta Kompol Sutoyo mewakili Kapolresta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak SIK MSi, Kamis (14/7/2022).

Selain melaksanakan disinfeksi, kata Kompol Sutoyo, pihaknya juga pemeriksaan hewan ternak dan pemberian vitamin oleh dokter hewan. Tujuannya yakni dilaksanakan untuk menjamin hewan ternak yang ada di Pasar Hewan kota Surakarta dalam keadaan sehat dan bebas dari PMK.

“Kegiatan yang digelar menjelang dilakukannya kirab malam 1 Sura, sekaligus untuk memastikan kerbau bule milik Karaton Surakarta dalam kondisi sehat tidak terjangkit PMK. Sebagaimana diketahui Karaton Kasunanan selalu menggelar kirab malam satu Suro dengan menyertakan kerbau bule yang dimiliki,” kata Kompol Sutoyo.

Upaya mencegah menyebarnya PMK terus dilakukan Polresta Surakarta bekerja sama dengan instansi terkait termasuk memantau hewan ternak di kandang secara rutin. Pemantauan di wilayah juga terus dilakukan Polsek  jajaran untuk mengetahui ada tidaknya hewan ternak terindikasi PMK.

“Bila dtemukan adanya hewan  yang terkena PMK, penanganannya segera bisa dilakukan,” jelasnya.

Bagus Adji