blank
Kegiatan vaksinasi Covid-19 di stasiun. Foto: Dok/Humas KAI

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia terus menambah layanan vaksinasi Covid-19 gratis bagi pelanggan di berbagai kota.

Tujuannya untuk membantu pelanggan dalam melengkapi syarat perjalanan menggunakan kereta api, dimana mulai 17 Juli 2022 pelanggan di atas 17 tahun yang sudah melakukan vaksin Booster tidak perlu melakukan screening Covid-19.

Manager Humas Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro menyampaikan, KAI memberikan peningkatan pelayanan kepada pelanggan dengan menghadirkan layanan vaksinasi gratis di berbagai stasiun-stasiun.

“Melalui vaksinasi yang semakin gencar ini, akan semakin banyak masyarakat yang terlindungi dari ancaman Covid-19,” ujarnya, Rabu (13/7/2022).

Menurut Krisbiyantoro, layanan vaksinasi Covid-19 gratis tersedia di berbagai stasiun serta fasilitas Klinik Mediska, yaitu fasilitas kesehatan milik KAI yang berlokasi di lingkungan stasiun.

Layanan tersebut saat ini sudah tersedia di Stasiun Manggarai, Klinik Mediska Cirebon, Stasiun Purwokerto, Klinik Mediska Kroya, Klinik Mediska Kutoarjo, Klinik Mediska Yogyakarta, Klinik Mediska Solo Balapan, Klinik Mediska Madiun, Klinik Mediska Surabaya Gubeng, Klinik Mediska Jember, Klinik Mediska Padang, Klinik Mediska Palembang, Stasiun Kertapati, Klinik Mediska Tanjungkarang, dan Stasiun Baturaja.

Dalam waktu dekat, layanan vaksinasi gratis akan disediakan di Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Jatibarang, Klinik Mediska Semarang Poncol, Stasiun Semarang Tawang, Klinik Mediska Medan, Stasiun Tebing Tinggi, dan Stasiun Rantau Prapat.

“Khusus wilayah Daop 4 Semarang pelayanan vaksinasi akan dimulai tanggal 15 Juli 2022 di Stasiun Tawang dan Klinik Mediska Poncol,” kata Krisbiyantoro.

Info selengkapnya terkait layanan vaksinasi Covid-19 gratis KAI, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Dikatakan, KAI akan terus menambah jumlah stasiun dan klinik yang melayani vaksin Covid-19 gratis secara bertahap di berbagai lokasi lainnya.

Pelanggan KA Jarak Jauh yang ingin memanfaatkan layanan vaksinasi gratis tersebut harus berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku, memiliki KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api.

Hadirnya vaksinasi di stasiun merupakan kerja sama dari KAI dengan seluruh stakeholders seperti Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, TNI, Polri, Pemerintah Daerah setempat, serta pihak-pihak lain yang terlibat.

“Kami mengimbau kepada pelanggan untuk memanfaatkan layanan vaksinasi gratis yang KAI sediakan, sehingga penyebaran Covid-19 dapat lebih terkendali, sekaligus menjadikan perjalanan kereta api tetap nyaman dan sehat,” tandasnya.

Ning Suparningsih