blank
Dian Sastro dan Putri Marino yang membintangi serial Gadis Kretek. Foto:twitter @flickmagazine

KUDUS (SUARABARU.ID) – Serial terbaru berjudul Gadis Kretek yang akan tayang di Netflix kini sedang trending di media sosial twitter. Aktris top Dian Sastrowardoyo dan Putri Marino disebut akan terlibat dalam serial yang merupakan adaptasi dari novel dengan judul sama karya Ratih Kumala.

Kabar ini berhembus setelah beredar foto dua aktris itu memegang naskah bertulis “Gadis Kretek” dengan logo Netflix pada bagian bawah.

Sejauh ini, belum ada pengumuman dari Netflix tentang siapa para bintang yang terlibat. Namun, para warganet banyak yang antusias dan menjadikan topik “Gadis Kretek” menjadi populer di Twitter pada Rabu (13/7) malam.

Gadis Kretek sendiri merupakan novel karya Ratih Kumala. Karya sastra ini masuk ke dalam 10 besar Kusala Sastra Khatulistiwa 2012. Sebuah ajang penghargaan bidang sastra tahunan yang prestisius, dan telah diinisiasi sejak tahun 2001.

Secara garis besar, kisah ini bercerita tentang pemilik bisnis rokok kretek yang meminta ketiga anaknya untuk mencari pacar lamanya. Dalam proses pencarian itu, ditemukan berbagai rahasia tentang bisnis keluarga mereka.

Dalam sinopsisnya, Gadis Kretek tidak sekadar bercerita tentang cinta dan pencarian jati diri para tokohnya. Dengan latar Kota M, Kudus, Jakarta, dari periode penjajahan Belanda hingga kemerdekaan, Gadis Kretek akan membawa pembaca berkenalan dengan perkembangan industri kretek di Indonesia.

Lantas apakah serial Gadis Kretek ini juga akan menggunakan kota Kudus sebagai tempat syutingnya sebagaimana latar tempat yang ada dalam novel?

Dian Sastro sendiri sempat mengunggah ulang foto dirinya memegang naskah “Gadis Kretek” yang diunggah oleh produser Shanty Harmayn. Aktris yang melejit lewat film Ada Apa Dengan Cinta? itu menanggapi foto dirinya dengan tulisan “Kasih tau nggak ya.” Seolah kode bahwa benar dirinya tengah terlibat dalam proyek film baru.

Ali Bustomi