blank
Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH memberikan sambutan dalam pembukaan Seleksi Calon Penerima Beasiswa Prestasi Nonakademik di Gelora USM.(foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan seleksi beasiswa prestasi nonakademik di Gelora USM, baru-baru ini. Kegiatan diikuti 61 calon penerima beasiswa prestasi nonakademik, baik dari olahraga dan seni, seperti bulu tangkis, sepak bola, bola basket, pencak silat, futsal, tae kwon-do, tenis meja, sepatu roda, dan desain grafis.

”Seleksi ini diselenggarakan oleh Unit Pengelola Nonstruktural (UPNS) Beasiswa, yang salah satu tugasnya adalah melakukan seleksi beasiswa. Hasil seleksi dilakukan evaluasi, apakah penerima beasiswa akan di upgrade atau downgrade,” kata Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH.

”Ada 61 orang yang mengikuti seleksi beasiswa nonakademik. Saya harap adik-adik dapat berkompetisi dan bersaing untuk menunjukkan kemampuan terbaik. Hasil uji kemampuan kalian yang akan menjadi pertimbangan UPNS beasiswa USM menentukan para peserta mendapatkan beasiswa atau tidak,” ungkapnya.

Dia menambahkan, ada beberapa bahan pertimbangan dalam menentukan beasiswa, antara lain prestasi dibuktikan dengan sertifikat atau piagam, disiplin, teknik bertanding, serta attitude.
”Para penerima beasiswa nantinya harus memberikan sumbangsihnya kepada USM dalam bentuk prestasi nonakademik, baik olahraga dan seni. Selain itu juga akan dibina untuk lulus tepat waktu dan menjadi mahasiswa berprestasi. Kami minta jaga nama baik almamater USM,” tandasnya.

Seleksi yang dilakukan ada tiga yaitu, wawancara, fisik dan teknik. Seleksi wawancara dilakukan oleh Tim UPNS Beasiswa untuk mengecek kebenaran sertifikat dari calon penerima beasiswa. Seleksi fisik dilakukan dengan lari bleep test untuk mengetahui kondisi fisik dari masing-masing peserta sesuai dengan cabang olahraganya.

Seleksi ini dilakukan oleh mantan pelatih Fisik PON Kempo dan Tenis Meja, Drs Ahmad Muhaimin SKom MH MPd. Seleksi terakhir adalah seleksi teknik untuk melihat teknik dan strategi bermain dari para peserta.

Muhaimin