blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto beserta rombongan berkunjung ke Kabupaten Jepara. Rombongan diterima Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta di Ruang Command Center, Selasa (12/7/2022).

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak membahas tentang Pengelolaan Kearsipan di Jepara. Terutama arsip tentang Raden Ajeng (RA) Kartini,.

Imam Gunarto menjelaskan, arsip Kartini akan menjadi penominasian Memory of The World Asia Pacific. Pihaknya telah melakukan riset bersama Unesco, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sejak 2020 lalu tentang sejarah RA Kartini.

Menurutnya, Arsip Kartini bukanlah rekaman memori masa lalu yang kemudian terlupakan. Tetapi, merupakan catatan sejarah di masa lalu untuk kemajuan di masa depan.

Oleh sebab itu, pengelolaan arsip itu harus dilakukan dengan baik dan sesuai dengan undang-undang, sehingga rekaman kegiatan yang bernilai sejarah dapat terus dilestarikan. Maka, arsip tersebut dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagai rujukan oleh para sejarawan, para penulis dalam  membuat narasi.

“Kami datang untuk Penominasian Arsip Kartini sebagai Memory of The World Asia Pacific. Untuk itu, kepada Pj. Bupati Jepara mohon bantuannya dokumennya, serta data dukung yang lain,”ucapnya.

Sementara itu Edy Supriyanta dalam sambutannya mengatakan, dirinya menyambut baik yang sudah dilakukan ANRI. Lanjut Edy,

Penyelamatan dan penataan arsip tentang RA Kartini akan lebih baik serta memerlukan dukungan serta sinergitas antara ANRI dan Pemerintah Kabupaten.

Edy kemudian memerintahkan Kepala Diskarpus Jepara Umar Chotob untuk melengkapi dokumennya. Sehingga Kabupaten Jepara tidak hanya dikenal sebagai Kota Ukir, tetapi mempunyai Pahlawan Emansipasi Wanita, yaitu RA Kartini yang mendunia.

“Ini suatu kehormatan bagi Jepara. Mohon dukungan dari semua yang hadir. Kita akan segera lengkapi dokumennya,”terangnya.

Hadepe-Kmf