blank
Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta, saat meninjau secara langsungTanggul Jembatan Sesek di Purwogondo yang Jebol (Foto:Kominfo)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Tanggul Jembatan Sesek akses penghubung antar-dua desa di Kecamatan Kalinyamatan, yakni Purwogondo dan Kriyan jebol di dua sisi dipastikan akan segera diperbaiki.

Kepastian perbaikan tanggul jembatan itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta, saat meninjau secara langsung ke lokasi pada Senin (11/7/2022). Kedatangannya bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Jepara Ary Bachtiar, disambut Camat Kalinyamatan beserta Petinggi Purwogondo dan Kriyan. “Harapannya sebulan – dua bulan bisa optimal kembali,” ujarnya.

Dia juga berdialog dengan para pemangku wilayah setempat. Pj. Bupati mendapati kedua sisi tanggul prasarana yang memiliki peranan cukup vital itu jebol. Lantas Dinas PUPR diperintahkannya untuk melakukan perbaikan pada tahun ini. “Tadi sudah saya perintahkan Kepala DPUPR agar pada tahun ini bisa dieksekusi,” tandasnya.

Diketahui bahwa sisi barat jembatan merupakan wilayah Purwogondo. Tampak kerusakan terparah ada di tepi bagian utara, material tanggul dan sebagian aspal jalan longsor ke sungai. Kondisi serupa juga terjadi di sisi timur jembatan, wilayah ini masuk Kriyan. Namun, kerusakannya berada di tepi bagian selatan.

Terkait anggaran untuk perbaikan tanggul jembatan itu bersumber dari APBD perubahan. Besarannya akan pihaknya maksimalkan Rp 200 juta. Jika masih kurang, bakal dilanjutkan di tahun anggaran 2023. “Semoga bermanfaat,” tutur Edy.

Kepala Dinas PUPR Jepara Ary Bachtiar memastikan, pengerjaan tanggul sementara akan pihaknya mulai besok pagi. Selain agar tak membahayakan pengguna jalan, juga harapannya kerusakaan tidak meluas. Termasuk memasang papan rambu larangan melintas untuk kendaraan bermuatan berat.

Hadepe – kmf