blank
Pemnguruas dan anggota PWI Jepara usai audiensi dengan Pj Bupati Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID) –Penjabat Bupati (Pj.) Jepara Edy Supriyanta mengajak wartawan untuk bermitra membangun daerah dengan memberikan informasi atau berita yang proporsional.

Pernyataan ini disampaikan Edy Supriyanta saat bertemu dengan pengurus dan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Jepara, Senin (11/7/2022), di ruang kerja bupati. Ikut mendampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jepara Arif Darmawan.

Peran media dalam melakukan pembangunan daerah menurut Edy sangat penting karena masyarakat cenderung ingin mendapatkan informasi dengan cepat melalui media mainstream (arus utama).

Peran media, tidak bisa lepas dari kontrol sosial, namun fungsi yang diemban harus berdaya guna atau tidak membuat berita yang bersifat provokatif. “Diharapkan, berita di media ini tidak bersifat provokatif tetapi bagaimana mempublikasikan sebuah informasi yang berkaitan dengan pemerintah daerah lebih mengarah pada tujuan konstruktif dan obyektif,” ujarnya.

Menurut Edy berita yang disajikan harus melalui berbagai tahap, termasuk klarifikasi. “Agar tidak ngaget ngageti. Apalagi menimbulkan ontran – ontran (kekacauan) di masyarakat,” katanya.

Sementara Ketua PWI Jepara Budi Santoso menyampaikan, PWI ini merupakan salah satu organisasi kewartawanan yang sah dan diakui oleh Dewan Pers. Dalam menjalankan tugas di lapangan, awak media selalu mengedepankan etika dalam melakukan peliputan di lapangan. Yakni dengan kerja profesional, serta menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

Wartawan senior Suara Merdeka Sukardi menyampaikan sejumlah isu dan permasalahan penting yang saat ini sedang dihadapi Jepara. Mulai masalah pembangunan, hingga permasalahan kesehatan anak atau stunting. Informasi yang disampaikan pemerintah daerah ini juga harus melalui satu pintu informasi. Agar tidak menimbulkan penafsiran yang beragam di masyarakat.

Hadepe /kmf