blank

 

BLORA SUARABARUMID  Di hari raya Idul Adha 1443 H diikuti Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., dengan sholat Ied bersama keluarga di Masjid Agung Baitunnur, Alun-alun Blora, Minggu pagi (10/7/2022).

Karena lokasinya dekat dengan rumah dinas, bersama istri, anak, ibunda, dan para adik hingga keponakan, Bupati yang akrab disapa Mas Arief itu berjalan kaki ke lokasi sholat Ied.

Sebelum sholat dimulai, Bupati menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H dan mengajak seluruh umat muslim meneladani Kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, tentang kepatuhan, ketaqwaan dan keikhlasan berkurban atas perintah Allah SWT.

“Idul Adha tidak hanya perihal menyembelih hewan kurban saja, namun juga semangat berbagi saling mengasihi kepada sesama yang kurang mampu dalam rangka meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” ucap Bupati.

Orang nomor satu di Blora itu juga mengajak seluruh jamaah berdo’a agar seluruh jamaah haji Kabupaten Blora yang sedang berada di Tanah Suci bisa lancar dalam menjalankan ibadah dan dapat kembali ke kampung halaman dengan sehat serta memperoleh predikat haji mabrur.

“Apalagi tahun ini merupakan haji akbar yang wukuf nya bertepatan pada hari Jumat lalu. Semoga semuanya yang sedang berhaji diberikan kesehatan hingga kembali ke Blora. Dan semoga kita yang ada disini kelak bisa menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci, aamiin,” sambung Bupati.

Dalam kesempatan ini, Bupati juga mengajak para jamaah berdoa agar wabah PMK yang sedang menyerang ternak di Kabupaten Blora bisa segera usai, dan seluruh ternak kambing maupun sapi sehat semuanya.

“Meskipun sedang ada PMK, kita pastikan seluruh hewan kurban kali ini sehat dan lolos pemeriksaan dinas terkait,” tambahnya.

Usai sambutan, dilanjutkan dengan sholat ied yang dipimpin oleh KH. Muharror Ali, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten, selaku imam. Sholat ied dilaksanakan sebanyak 2 rakaat. Rekaat pertama diawali tujuh kali takbir, dan rekaat kedua diawali lima kali takbir. Semuanya berjalan lancar dan khidmat.

Adapun khotbah Idul Adha disampaikan oleh Nasrudin Romli, S.H.I., M.H., hakim Pengadilan Agama Blora, selaku Khotib.

Acara kemudian ditutup dengan penyerahan hewan kurban oleh Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., kepada Ketua Takmir Masjid Agung Baitunnur Blora, H. Abdul Ghani. Turut menyaksikan Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM.; Kepala Kejaksaan Negeri Blora, Ichwan Effendi, SH., MH., dan perwakilan Forkopimda.

“Bismillah pagi ini kita serahkan satu ekor sapi kepada Takmir Masjid Agung Baitunnur untuk disembelih dan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Semoga berkah dan bermanfaat,” ujar Bupati Arief.

Adapun H. Abdul Ghani, selaku Takmir mengucapkan terimakasih kepada Bupati yang sudah rutin setiap tahun menyerahkan hewan kurbannya ke Masjid Agung Baitunnur.

“Amanah dari Pak Bupati ini akan kita tindaklanjuti sesuai syariat dan nanti kita bagikan kepada masyarakat kurang mampu. Hari ini total ada 4 sapi dan 10 ekor kambing yang kita sembelih. Penyembelihan akan kita lakukan di rumah potong hewan Jagalan Jetis,” terangnya.

Menurutnya, selama hari tasrik, pihak takmir Masjid Agung Baitunnur Blora masih menerima penyaluran hewan kurban untuk disembelih***