blank
Shalat Idul Adha di halaman GOR Mustika Blora, dijaga petugas gabungan. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) – Pemerintah  ndonesia menetapkan Idul Adha 1443 H jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022, berdasarkan sidang isbat 1 Zulhijah jatuh pada 1 Juli 2022. Sehingga Idul Adha jatuh pada 10 juli 2022, Minggu Pahing.

Sedangkan PP Muhamadiyah menetapkan 10 Zulhijah jatuh pada  9 Juli 2022, hari Sabtu legi. Kiranya perbedaan ini dijadikan hikmah kebersamaan.

Kepolisian Resor (Polres)  Blora Polda Jawa Tengah bersama petugas gabungan di kabupaten Blora mempersiapan personel untuk pengamanan selama perayaan Idul Adha 1443 H / 2022 M tersebut.

Kapolres Blora AKBP Aan Hardiansyah,SH,MH melalui Kabag Ops Kompol Sudarno,SH mengatakan bahwa kehadiran personel Kepolisian diperlukan pada perayaan Idul Adha 1443 H / 2022 M untuk menciptakan rasa aman dan nyaman dalam beraktivitas, dalam menjalankan ibadah Salat Idul Adha.

“Polres Blora bersinergi bersama TNI dan instansi terkait lainnya menempatkan personel di lokasi penyembelihan hewan kurban dan sholat Idul Adha,” kata Kabag Ops Kompol Sudarno, Sabtu, (09/07/2022) di lokasi Salat Ied GOR Mustika Blora.

Dikemukakan Kabag Ops, di wilayah kabupaten Blora ada sebagian warga shalat Idul Adha pada Sabtu (9 Juli 2022) dan sebagian besar pada Minggu (10 Juli  2022) besok. Di dua hari tersebut, Polri tetap memantau dan mengamankan jalannya kedua shalat Idul Adha tersebut.

“Pada pengamanan pelaksanaan shalat Idul Adha di wilayah kabupaten Blora, termasuk pula dalam pengaturan arus lalu lintas, sehingga arus lalu lintas tetap lancar,” ucap Kabag Ops.

Disampaikan sejauh ini, kondisi di kabupaten Blora tetap kondusif. Warga dapat beraktivitas dengan aman, nyaman dan tentram. Harapan kondusivitas tersebut bisa terus berlangsung, imbuh Kabag Ops.

Lebih lanjut dikatakan oleh Kabag Ops, bahwa petugas juga berkoordinasi dengan instansi dan panitia Idul Adha terkait termasuk untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.