blank
Peraih juara dalam ajang FSP tingkat Jateng memperoleh uang pembinaan. Foto : SB/dok SMAN 1 Kertek

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Kontingen seni siswa SMA Negeri 1 Kertek Wonosobo meraih juara II dalam ajang Festival Seni Pelajar (FSP) yang digelar Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) Surakarta dan Dinas Pendidikan (Disdik) Jateng di Pendopo TBJT Surakarta.

Adapun juara I direbut kontingen seni siswa SMA Negeri 1 Surakarta dan juara III disabet siswa SMA Negeri 3 surakarta. FSP sendiri telah digelar Senin (4/7/2022) hingga Rabu (6/7/2022) lalu.

Kepala SMA Negeri 1 Kertek Wonosobo Retno Herawati, Kamis (7/7/2022), menyebut aspek penilaian dalam FSP meliputi rempek, leres dan laras. Rempek atau kompak, leres yakni benar dari teknik menabuh dan aturan-aturan dari karawitan. Sedang laras bermakna selaras dari keras dan rendahnya volume instrumen dan ketepatan nada vocal.

“Saya sangat berterima kasih pada siswa-siswi SMA Negeri 1 Kertek yang telah tampil maksimal sehingga bisa mendapat juara II. Terima kasih pula pada pelatih, guru pamong dan guru pendamping yang telah mengawal anak-anak ke tangga juara,” ujarnya.

Retno mengakui kerja keras dari siswa, guru dan pelatih dapat membuahkan hasil yang baik. Raihan juara tersebut telah mengangkat nama SMA Negeri 1 Kertek sekaligus mengharumkan kiprah pelajar Wonosobo di dunia seni budaya di tingkat Jateng.

Seni Wayang

blank
Peraih juara dalam ajang FSP tingkat Jateng foto bersama. Foto : SB/dok SMAN 1 Kertek

Siswa SMA Negeri 1 Kertek dalam FSP Jateng tahun 2022 tersebut menampilkan “Lelagon Nonton Wayang Laras Slendro Pathet Sanga”.

Guru Seni Budaya SMA Negeri 1 Kertek Agung Wahyu Utomo mengatakan lagu tersebut mengajak siapapun untuk lebih mencintai seni wayang, sebagai kebudayaan yang adi luhung.

“Lirik lagu menceritakan begitu asyiknya menonton pertunjukan wayang. Apalagi kalau bisa duduk di dekat tempat wayang, dalam bahasa Jawa disebut kotak atau dekat gamelan,” ujarnya.

Tari dan gamelan yang dimainkan, tambahnya, dimulai dengan sampak sanga, dialog dengan penonton wayang. Dilanjutkan lancaran irama, garap semarangan, peragaan wayang diiringi dengan sampak sanga dan gaya Banyumasan dengan irama rangkep.

Penampilan tari dan gamelan diikuti pula dengan jogetan yang diiringi joget Wonosaban, dangdut dan ditutup sampak sanga. Penampilan seniman SMA Negeri 1 Kertek ini tampak apik dan enak untuk dinikmati.

Muharno Zarka