blank
Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Jenry Polii S.sos secara simbolis menyerahkan bantuan berupa benih jagung dan alat pertanian kepada perwakilan warga dan anggota Kodim 0715/Kendal. Foto: Dok/Kodim 0715 Kendal

KENDAL (SUARABARU.ID) – Dalam rangka upaya pembinaan wilayah dan ketahanan pangan, Kodim 0715/Kendal bersama warga membuka lahan tidur menjadi produktif.

Kegiatan tersebut ditandai dengan menanam benih jagung di lahan Asrama Eks Yonif 408 Desa Penyangkringan, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal, Kamis (7/7/2022).

Acara yang dibuka oleh Dandim 0715/Kendal letkol Inf Jenry Polii S.sos itu ditandai penyerahan bantuan berupa benih jagung dan alat pertanian secara simbolis kepada perwakilan warga dan anggota Kodim 0715/Kendal.

Mengutip pengarahan dari KASAD saat apel Dansat beberapa waktu lalu, Letkol Inf Jenry Polii mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan dan menjaga stabilitas ekonomi masyarakat melalui penanaman bahan pangan berupa padi atau jagung.

“Dengan adanya produksi pangan, diharapkan mampu menjaga ketersediaan pangan untuk rakyat Indonesia, bahkan mampu surplus,” tutur Jenry.

Jenry menambahkan, rencananya ada sekitar 20 hektar lahan tidur di wilayah Kabupaten Kendal yang akan diaktifkan untuk ditanami tanaman pangan.

“Kita bekerja sama dengan pemilik lahan dan petani yang nantinya akan dibantu para Babinsa untuk mengolah lahan. Sedangkan hasil panen sepenuhnya nanti akan diserahkan untuk para petani,” imbuhnya.

Untung, salah satu warga yang membantu penggarapan lahan tidur berharap, bantuan yang diberikan mampu meningkatkan kesejahteraan dan taraf ekonomi masyarakat.

“Terima kasih kepada bapak KASAD, bapak Pangdam, dan bapak Danrem, melalui pihak Kodim 0715/Kendal telah menyalurkan bantuan berupa bibit dan alat pertanian kepada kami,” ungkapnya.

Untung berharap, semoga tidak ada kendala saat proses penanaman hingga panen nanti, sehingga manfaatnya dapat dirasakan.

Ning Suparningsih