blank
Petugas Gabungan  Semprotkan Disinfektan ke Kandang Sapi Warga Kelurahan Kauman Blora.  Foto: Pemcam Blora 

BLORA (SUARABARU.ID) – Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Blora terjun langsung memimpin kegiatan disinfeksi (penyemprotan menggunakan disinfektan) kandang hewan sapi dan kambing milik warga di lingkungan dukuh Dluwangan Kelurahan Kauman Kecamatan Blora Kabupaten Blora, Kamis, (7/7/2022).

Kegiatan tersebut adalah salah satu kegiatan penyemprotan disinfektan serentak yang dilakukan di seluruh Kabupaten Blora. Kapolsek Blora AKP Yuliyanto,SH mengungkapkan bahwa hari ini dirinya bersama Danramil dan Camat Blora  telat menginstruksikan seluruh jajaran hingga pelosok desa agar melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan.

“Kita berdayakan para Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk bersinergi bersama perangkat desa dan petugas kesehatan hewan untuk melakukan penyemprotan kandang sapi dan juga kambing milik warga. Harapannya dapat mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku, (PMK),” kata Kapolsek Blora.

Lebih lanjut, Kapolsek Blora  menerangkan bahwa seluruh elemen masyarakat harus kompak untuk melakukan tindakan pencegahan penyebaran PMK yang meresahkan masyarakat terutama para peternak kambing dan sapi.

Bukan hanya itu para pedagang hewan ternakpun ikut resah apalagi sebentar lagi akan datang hari raya Idul Adha tentunya akan banyak pemotongan hewan kurban.

Ujian

“Ini adalah ujian, kita harus sabar dalam menghadapi wabah PMK ini. Mari bersama bahu membahu dan mawas diri. Kepada para peternak kita sampaikan agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kalau bisa dilakukan penyemprotan disinfektan secara berkala,” tandas Kapolsek Blora.