blank
Ketua PD Muhammadiyah Wonogiri, Drs Kusman MPd (berdiri di podium), saat tampil menjadi Khotib pada Salat Idul Fitri 1443 lalu di Halaman Kodim 0728 Wonogiri, yang jamaahnya meluber ke ruas jalan raya.(SB/Bambang Pur)
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pengurus Daerah Muhammadiyah Kabupaten Wonogiri, menyiapkan setidak-tidaknya 98 tempat untuk Salat Idul Adha 1443 H. Rencananya, salat berjamaah tersebut akan dilaksanakan Sabtu pagi (9/7).

”Data yang telah masuk pada kami, untuk sementara menyiapkan sebanyak 98 lokasi Salat Idul Adha 1443 H,” jelas Ketua Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Wonogiri, Drs H Kusman MPd.

Lokasi yang diploting menjadi tempat Salat Idul Adha berjamaah, ada yang memakai halaman kantor, halaman Sekolah Dasar (SD), ruas jalan raya, lapangan sepak bola, lapangan desa, masjid yang memiliki halaman luas atau tempat yang mampu menampung banyak jamaah.

Penyiapan lokasi salat di Kabupaten Wonogiri ini, sebagian besar telah dilengkapi dengan data Imam dan Khotib yang akan tampil. Seperti untuk lokasi yang di halaman Kodim 0728 Wonogiri misalnya, akan menampilkan Khotib Drs H Rosyad Afandi MAg, di Lapangan Bantarangin (Drs H Sudirman MQ).

Kemudian di Masjid Al Hikmah Wuryantoro (Rahmanto Ibnu Hidayat). Imam dan Khotib yang akan tampil di Lapangan Sepak Bola Baturetno H Miswanto Majid dan Sugeng wahyudi.

Di Lapangan Sepak Bola Pracimantoro akan tampil Imam dan Khotib Fathurrohman Husen SSy MSi dan Almas Maulidy Muhammad Elmutsaqofi MQ. Drs H Muhammad Aliyuddin MAg akan tampil menjadi Khotib di Jatipurno. Di Masjid Al Huda Desa Ngunggahan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, akan menampilkan H Nurhadi SAg sebagai Imam dan sekaligus Khotib.

Eromoko dan Manyaran

Drs H Syamsu Hidayat akan menjadi Imam dan sekaligus Khotib di Lapangan Desa Puloharjo, Kecamatan Eromoko. Di Masjid Akbar Manyaran, Imam dan Khotib oleh H Mursidi Abdul faqih. Selanjutnya di Masjid Taqwa Tawangrejo Pagutan, Fauzi Ahmad (Khotib) dan Imam oleh Muhammad Arifuddin.

blank
PHBI Desa Pijiharjo, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, membuat ‘woro-woro’ Salat Idul Adha 1443 H akan digelar Sabtu (9/7) di Lapangan Pijiharjo, menampilkan Imam dan Khotib Ustadz Nur Wahid.(Dok.PHBI Desa Pijiharjo)

Masjid Al Ikhlas Sanggrong Tegalrejo Purwantoro Khotib dan Imam Imron Rosidi, di Masjid Ar Rohman Jetak Bangsri Purwantoro HTaufik Rohman. Masjid Nurul Huda di Timang, Wonokerto, Kecamatan Wonogiri Kota, Imam Adib dan Khotib Subandi PR SPd (mantan Anggota DPRD).

Di Masjid Al Hasyimi Purwantoro, Bukhori MPd, di Halaman SD Negeri 1 Girimarto, Drs Marsidi, Masjid Umar Bin Khatab, Waru Slogohimo, Imam dan Khotib Sutrisno. Masjid Besar Al-Mukmin Kecamatan Eromoko
Imam Ustadz Ibrahim Syamal Al-Hafidh dan Khotib Joko Santoso S Ag.

Untuk Masjid Baitsa Jorong, Rochiman SPd.I, Masjid Assalam Gelang Kenteng, Sugeng Haryanto SPd.I, Masjid Al Barokah Gunungan, Manyaran, Khotib dan Iman Np Waluyo. Masjid Al Itihad, Tambakan, Karanglor, Manyaran, Imam dan Khotib H Sumardi.

Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Desa Pijiharjo, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, membuat ‘woro-woro’ (maklumat) Salat Idul Adha 1443 H di Lapangan Desa Pijiharjo dilaksanakan Sabtu pagi (9/7). Menampilkan Imam dan Khotib Ustadz H Nur Wahid dari Wuryantoro.

Sementara itu Mantan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Wonogiri, H Sutopo Broto, mengatakan, akan melakukan Salat Idul Adha 1443 H pada Minggu (10/7). ”Saya diminta jadi Imam dan Khotib di Masjid Al Furqon Pucangwolu Giriwono Wonogiri.

Salat Idu Adha 1443 H pada Hari Minggu (10/7), juga akan dilakukan oleh H Pandoyo. ”Saya ikut pengumuman dari pemerintah, yakni Hari Minggu Tanggal 10 Juli, di Masjid Nurul Imam Selogiri,” jelas Pandoyo Pensiunan Manteri Peternakan yang semasa dinasnya dia aktif melakukan pengawasan kesehatan daging kurban.

Bambang Pur