blank
PembukaanKejurkab Bersama dan Pencangan Tuan Rumah Porprov XVI Jawa Tengah 2023 ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Sekda Jepara Edy Sujatmiko

JEPARA (SUARABARU.ID) – Jepara resmi menggelar Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) Bersama yang diikuti 44 cabang olahraga  dan Pencanangan sebagai Tuan Rumah Pekan Olah raga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah XVI Tahun 2023. Kegiatan yang dibuka oleh Sekda Edy Sujatmiko  mewakili Pj. Bupati Jepara di Stadion Gelora Bumi Kartini Jepara, Selasa (5/7/2022).

Acara ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Edy Sujatmiko serta melaunching Fitnes Center dan Kantor Sekretariatan Induk Cabang Olahraga di Komplek Stadion Gelora Bumi kartini

Hadir dalam acara tersebut Forkompinda, Kepala Perangkat Daerah, Para Camat, Ketua KONI Syamsul Anwar, Ketua Koordinator Kecamatan (KOK), Ketua Cabang olah raga se-Kabupaten Jepara, serta anggota peserta Kejurkab.

blank
Defile atlet Pencak Silat

Dalam sambutannya, Edy Sujatmiko menila kegiatan ini sangat strategis dalam  pembinaan atlet secara berjenjang, terarah, terorganisasi, terstruktur, dan berkelanjutan terus dilakukan. “Tidak hanya untuk menghadapi multi event seperti Porprov. Tetapi sebagai upaya pembinaan olah raga di tingkat Kabupaten secara menyeluruh,” ujar Edy Sujatmiko

“Sudah saatnya olah raga di Jepara bangkit dan bergerak bersama mengukir prestasi. Mari kita bangun era emas kejayaan olah raga di di Jepara,”kata Edy.

Menurut Edy, upaya meraih prestasi dalam olah raga tidak bisa diraih secara instan. “Namun harus melalui pembinaan dini dan berjenjang dengan menggelar kompetisi dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, eks-karisidenan, dan seterusnya.

Edy Sujatmiko menambahkan, pembinaan dan pengembangan olah raga juga bertujuan membentuk watak dan kepribadian (character building), disiplin, serta sportivitas. Dirinya optimis dalam Porprov XVI 2023 nanti, target lima besar dan 50 emas mampu diraih atlet Jepara

Sementara itu, Syamsul Anwar mengatakan Kejurbab sebenarnya menjadi hajat atau ranah masing-masing cabang olahraga. Tetapi karena dalam rangka menata system dan pola pembinaan olahraga prestasi, agar mengalami perubahan dan di ikuti pola penganggaran pembinaan olahraga prestasi maka digelar Kejurkab bersama.

Maka menjadi penting di tahun pertama di berlakukan kegiatan pembukaan Kejurkab Bersama. Dengan tujuan muncul semangat dan tanggungjawab bersama bahwa pembinaan olahraga prestasi kabupaten Jepara lebih terarah, teroragniser, terstuktur dan berkelanjutan.

“Ajang Kejurkab bukan hanya menjadi tanggung jawab KONI semata tetapi menjadi tanggungjawab kita bersama,”ucapnya.

Lebih lanjut, Syamsul Anwar menyampaikan pada ajang Porprov XVI 2023, ada 12 cabang olahraga dari 68 cabang olahraga yang di pertandingkan dan Jepara menjadi tuan rumah.

Hadepe