KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID) –Satsamapta Polres Magelang menggelar peragaan anjing pelacak narkoba dan anjing pengendali massa. Dilakukan di halaman depan Polres Magelang, Senin (4/7/2022).

Dalam peragaan tersebut, anjing pelacak diarahkan untuk memilih kotak yang salah satunya berisikan narkoba pada bagian dalamnya. Tak hanya itu, para personel kepolisian yang hadir dalam kegiatan apel jam pimpinan pun turut dideteksi apakah dari puluhan anggota tersebut ada yang menggunakan narkoba.

Kapolres Mochammad Sajarod Zakun mengatakan, peran dan fungsi strategis unit K-9 atau yang dikenal unit anjing pelacak merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam tugas kepolisian dalam situasi tertentu.
Peragaan itu untuk melihat kemampuan K-9 dalam melaksanakan tugas tertentu, yakni peran teknis untuk proses penyelidikan seperti pelacakan narkoba maupun pengendalian massa. “Hari ini kami turunkan seekor anjing pelacak narkoba dan seekor anjing pengendalian massa atau demo. Dari simulasi tidak ditemukan personel yang memakai narkoba,” ujarnya pada Senin (4/7/2022).

Dia menambahkan, pelacakan dengan anjing itu salah satu kegiatan kepolisian represif yang menggunakan naluri kodrat alamiah anjing dan keterampilan manusianya ( pawang) untuk menyelenggarakan kegiatan pelacakan.Gunanya untuk mencari orang atau benda berdasarkan bekas-bekas atau jejak yang ditinggalkan.

Adapun, satwa anjing yang dipakai untuk membantu tugas kepolisian sudah terseleksi melalui spesifikasi teknis. Ditentukan dan lulus dari pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan penugasan kepolisian.

“Saat ini, Polres Magelang memiliki empat jenis anjing pelacak K-9 yakni jenis anjing Belgian Malinoise bertugas lacak umum, jenis German Shepperd bertugas lacak narkoba, jenis Dobberman dan Rootweiller bertugas pengendalian massa,” jelasnya.

Eko Priyono