Hasil tangkapan layar dari tweeter Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Tweet Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta yang diunggah beberapa waktu yang lalu mendapat tanggapan yang beragam dari para netizen. Tweetan tersebut diunggah beberapa saat setelah orang nomor satu di Jepara tersebut membuka acara dialog dengan tema “Pelestarian Seni Ukir di Desa Tahunan”, Jum’at (1/7/2022) di Pendapa Balai Desa Tahunan.

Acara dialog tentang pelestarian ukir di Desa Tahunan itu sekaligus pembukaan Sedekah Bumi dan Bazar UMKM. Hadir pula Anggota DPRD Jepara Ahmad Fauzi, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopukmnakertrans) Samiaji, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Arif Darmawan, Kepala Dinas Pariwisata Zamroni Lestiaza, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Bambang Lelono, Camat Tahunan Nuril Abdillah, Petinggi Tahunan Muhadi, serta Tokoh Masyarakat Sekitar.

Narasumber dalam acara dialog tersebut, Hadi Priyanto sebagai Pegiat Seni Ukir dan Batik Jepara, juga Tafrikhan selaku Pengurus (Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia) HIMKI Jepara.

Sebagaimana diketahui, Kecamatan Tahunan merupakan salah satu sentra ukir yang ada di Kabupaten Jepara. Terdapat lebih dari 2.000 pengusaha ukir di Tahunan.

“Kalau tiap pengusaha merekrut minimal 10 orang tenaga kerja, ini luar biasa. Namun kita harus mengedukasi dan mengajak generasi muda untuk menuruskan seni ukir,” ujar Edy.

Berikut tanggapan netizen terkait tweetan Pj. Bupati Jepara tentang pelestarian seni ukir di Jepara:

@Lutphy_1712 Pendidikan yang berbasis lingkungan di Jepara sangat minim Pak. Monggo bisa dipetakan, berapa sekolah yang memeang menerapkan ketrampilan ukir (natah)? Hendaknya pemkab lewat dinas pendidikan ada program berjenjang dari sekolah dasar dan kontinyu.

@achidaeste Coba muatan lokal ukir digiatkan pak sejak usia TK. Mulai dg mewarnai dan menggambar motif ukir, lalu ketika sekolah menengah setiap anak wajib praktek ngukir. Kemudian SMA bisa digabungkan dg mapel kewirausahaan, pembuatan produk ukiran kekinian serta pemasarannya.

@kawing_forever Dulu ada pelajaran seni ukir di SMP 1 jepara pak, kayaknya perlu dihidupkan lagi.

@Kang_ipuung Bikin Expo produk mebel dan ukir, Muatan lokal kerajinan/kesenian ukir di sekolah-kampus, bantu UMKM ukir dg teknologi di bidang industri, kampanyekan keunggulan seni ukir Jepara di media. Saran dari orang awam yg tidak paham ukir.

ua