enyerahan hadiah Open Turnamen Blora Championship 2 - Piala Bupati Blora Tingkat Nasional 2022 di GOR Mustika. Foto: IPSI Blora

BLORA (SUARABARU.ID) – Azka Aisar Rafi dari SDN Kedungjenar,  Blora dinobatkan sebagai Pesilat Terbaik SD Putra di turnamen pencak silat tingkat nasional bertajuk Open Turnamen Blora Championship 2 – Piala Bupati Blora Tingkat Nasional 2022.

Turnamen yang Berlangsung di GOR Mustika Blora itu, diikuti berbagai perguruan silat ini digelar selama dua hari, mulai Jumat (1/7/2022) hingga Sabtu (2/7/2022). Dan untuk  Pesilat Terbaik SD Putri diraih  Nurina Maulida Ulya Naga Hitam Semarang.

Panitia penyelenggara, Sumarno, yang juga Ketua Tapak Suci Blora menerangkan bahwa pelaksanaan turnamen ini untuk mencari bibit – bibit unggul pencak silat dari Kabupaten Blora yang siap bertanding di tingkat regional maupun nasional.

“Kali pertama kita laksanakan pada tahun 2019 lalu. Dan berhenti karena pandemi, sehingga baru bisa kita laksanakan kembali di 2022 ini. Pesertanya mencapai seribu atlet silat. Ada tapak suci, kera sakti, PSHT, Pagar Nusa, dan banyak lagi,” terang Sumarno.

Bupati serahkan hadiah Open Turnamen Blora Championship 2 – Piala Bupati Blora Tingkat Nasional 2022 di GOR Mustika. Foto: IPSI Blora

Siap Pra-Porprov

Melalui even ini, pihaknya berharap Kabupaten Blora bisa lebih siap menyelenggarakan Pra-Porprov Jateng yang akan dilaksanakan September nanti. Sedangkan Porprov akan dilaksanakan tahun depan.

Pada kesermpatan itu, Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si yang hadir dalam turnamen itu untuk menyerahkan Piala Kejuaraan, Piala Bupati untuk kategori Juara Umum Pra Remaja, Sabtu (2/7/2022).

Berikut hasil turnamen tersebut,  Juara Umum 3 diraih Darul Qur’an Semarang dengan 5 emas, 6 perak, 3 perunggu. Sedangkan Juara Umum 2 diraih Pencak Silat Prestasi Kradenan dengan meraih 7 emas, 6 perak, 8 perunggu. Adapun Juara Umum 1 diraih tim Pimda 157 Kudus dengan 9 emas, 7 perak, dan  8 perunggu.

Untuk  Juara Umum Kategori SD, Juara umum 3 diraih Persinas Asad Blora dengan 5 emas, 1 perak. Kemudian Juara umum 2 tim Merpati Putih Jatisari Semarang dengan 5 emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Kemudian Juara umum 1 tim Pimda 157 Kudus dengan 5 emas, 7 perak, dan 12 Perunggu.

Kemudian Pesilat Terbaik SMP Putra diraih Jihad Khalid Dzikurla Pimda 157 Kudus, dan Putrinya Lilik Ayuni Pencak Silat Prestasi Kradenan.

Tingkat Nasional

Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Blora bekerja sama dengan Dinporabudpar dan sejumlah sponsor menyelenggarakan Open Turnamen Blora Championship 2 – Piala Bupati Blora Tingkat Nasional 2022

Dengan demikian banyak atlet dan official dari berbagai kota kabupaten turun langsung untuk mengikuti turnamen yang digelar kali kedua di Kabupaten Blora ini.

Hadir dalam turnamen ini Ketua IPSI Jateng, Kepala Dinporabudpar Blora, Ketua KONI Kabupaten Blora, dan Ketua PD Muhammadiyah Blora.

Kudnadi Saputro