blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meraih penghargaan iNews Maker Awards 2022 pada Kamis (30/6) malam.(Foto:SB/Kominfo)

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menerima menghargaan katagori Special Awards Of Outstanding Performance di ajang iNews Maker Awards 2022 di Gedung I News Tower di Kebun Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (30/6) malam.

iNews Maker Awards tahun ini mengambil tema ”Advancing Dynamic Capabilities in Economic Rebound”. Penghargaan juga diberikan kepada pejabat menteri, pimpinan BUMN, pimpinan lembaga negara, serta untuk pimpinan perusahaan swasta.

Beberapa pejabat menteri yang hadir pada acara itu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Perindustrian Agus Gusmiwang, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama para penerima penghargaan iNews Maker Awards 2022.(Foto:SB/Dinas Kominfo)

Arif Sugiyanto menjadi satu-satunya bupati yang mendapat penghargaan ini. Selain itu ada juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Penghargaan ini disebut didasarkan pada sebuah riset atau penilaian dari pihak redaksi dan tim ahli, sehingga dianggap pantas dan layak.

Bupati Kebumen meraih penghargaan sebagai Pemimpin yang Memiliki Performa Luar biasa, Bupati menyatakan bersyukur. Apresiasi yang ia dapat merupakan bentuk kolaborasi yang kuat dirinya bersama seluruh Forkompinda beserta jajaran di bawahnya dalam membangun Kebumen.

“Saya ucapkan terima kasih. Ini merupakan persembahan untuk masyarakat Kebumen. Keberhasilan dalam mengelola pemerintah tidak lain berkat kerjasama atar seluruh Fokompinda dan staf di bawahnya. Kita punya visi yang sama dalam membangun Kebumen lebih baik,”tutur Arif Sugiyanto.

Pandemi Memicu Kreasi dan Inovasi

Menurut Bupati, pandemi menjadi tantangan sendiri bagi dirinya untuk menjaga pemerintahan yang stabil. Artinya, adanya pandemi tidak menjadi alasan bagi pemimpin untuk tidak berkreasi. Sebaliknya, justru harus bisa berpikir inovasi untuk kemajuan masyarakatnya.

blank
Bupati Arif Sugiyanto didampingi Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih dan Kepala Dinas Kominfo Budhi Suwanto bersama host iNews TV. (Foto:SB/Dinas Kominfo)

Bahkan selama pandemi pihaknya tidak pernah sepi untuk berkegiatan. Saat ini Pemkab Kebume sedang menggelar kegiatan Kebumen International Expo, sebuah even terbesar yang baru pertama kali ada di Kebumen. KIE bertujuan mendongkrak perekonomian masyarakat, dengan beragam kegiatan.

Bupati menyebut ada festival seni kebudayaan, pameran yang diisi 80 persen produk UMKM. Berbagai macam lomba, dan konser musik selama satu minggu diisi oleh artis papan atas,mulai Sammy Simorangkir, Kotak, Padi, Dmasiv, Rhoma Irama, Shalawatan Gus Azmi, Gigi dan Iwan Fals.

“Di KIE ini kita ingin menggabungkan antara perdagangan, pariwisata dan investasi. Selama enam hari ini, pengunjung yang masuk sudah lebih dari 200 ribu pengunjung, dengan nilai investasi yang masuk Rp 704 miliar. Kita target bisa mencapai Rp1 triliun,”jelasnya.

Bupati juga bersyukur kasus Covid-19 di Kebumen sudah terkendali, sehingga ia berani mengadakan even terbuka sebesar ini. Setelah dianggap sukses, ia pun berencana membuat sejumlah even besar untuk terus memperkenalkan Kebumen di kancah nasional maupun internasional.

Komper Wardopo