blank
Rinov/Pitha terhenti dalam turnamen Bulu Tangkis Malaysia Open 2022.

KUALA LUMPUR (SUARABARU.ID) – Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie menjadi wakil pertama skuad Merah-Putih yang mengamankan tiket babak perempatfinal turnamen bulu tangkis Malaysia Open 2022. Jojo, sapaan akrabnya, sukses mengalahkan Kenta Nishimoto dari Jepang di babak 16 besar, Kamis (30/6) pagi.

Dalam laga yang berlangsung selama 52 menit ini, Jojo menang dua gim langsung 21-18, 21-17. Di awal gim pertama dan kedua, Jojo sempat tertinggal tiga hingga empat poin. Tapi strategi jitu plus adaptasi dengan kondisi lapangan yang semakin membaik membuat dia bisa membalikkan keadaan.

“Puji Tuhan karena hari ini bisa bermain lebih menikmati dan kondisi lapangan juga jauh lebih baik, anginnya sudah tidak terlalu kencang dan akhirnya membuat permainan lebih seru,” ucap Jojo di Axiata Arena, Kuala Lumpur, tempat berlangsungnya turnamen Malaysia Open 2022.

“Tadi sesuai rencana, di gim pertama dan kedua bisa menerapkan strategi dan pola yang tepat. Nishimoto pun terlihat kurang bisa keluar dari tekanan karena beberapa kali saat dia mau break, saya coba buat lawan dari segi non-teknisnya dulu. Karena kalau teknisnya sudah sama-sama tahu,” lanjutnya.

Di perempat final, Jumat, (1/7), Jojo akan menantang Prannoy H.S. dari India. Pemain kelahiran Jakarta, 15 September 1997 itu mengaku punya banyak waktu istirahat karena bermain pagi.

“Hari ini bermain cukup pagi jadi bisa punya waktu untuk istirahat. Menenangkan pikiran, memulihkan badan, otot dan tenaga agar bisa lebih maksimal untuk besok,” ungkap Jojo.

“Baru setelah itu saya diskusi dengan pelatih, strategi apa yang akan diterapkan juga menganalisa permainan lawan lewat video,” tutur Jojo.

Di laga lain, pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari gagal melaju usai dihentikan pasangan Hong Kong unggulan enam, Tang Chun Man/Tse Ying Suet. Rinov/Pitha kalah 13-21, 10-21.

“Hari ini kita masih under performed banget mainnya. Juga tadi masih banyak kendala yang dirasakan, jadi kita tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaik,” ujar Rinov

“Kendala yang utama adalah dengan lapangan berangin seperti ini belum bisa kita atasi, belum bisa kontrol. Bahkan sampai di gim kedua kita masih terus tertekan dari lawan, tidak bisa keluar dari tekanan,” sambung Pitha.

Setelah kekalahan ini, Rinov/Pitha langsung fokus untuk evaluasi jelang Malaysia Masters 2022 yang akan dihelat pekan depan di arena yang sama. Axiata Arena, Kuala Lumpur.

“Minggu depan, yang pasti harus lebih tahu harus main seperti apa sejak masuk lapangan. Saat kalah angin bagaimana, saat menang angin bagaimana. Melihat pola lawan juga karena lawan kan pasti berkembang,” sahut Pitha.

“Pasangan Hong Kong ini juga mereka bermain jauh lebih baik dari saat di Manila,” tutupnya.

Sebagai informasi, Rinov/Pitha mampu menang di pertemuan terakhir kontra Tang/Tse dengan skor 10-21, 19-21. Tepatnya di babak 16 besar Kejuaraan Asia 2022 di Manila bulan April lalu.

Muhaimin