Bantuan peralatan tersebut diserahterimakan oleh Assistant Analyst TJSL PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B, Ibnu Wicaksana, (Foto Humas PLN UIK TJB)

JEPARA (SUARABARU.ID) –  Kabupaten Jepara memiliki potensi UMKM yang sangat bagus, dengan berbagai keunggulan lokal seperti kerajinan meubel, ukiran, pengolahan hasil sumber daya agrikultur, hasil laut dan lain sebagainya. Sektor UMKM Jepara diharapkan mampu tumbuh menjadi penopang perekonomian masyarakat menengah kebawah dalam meningkatkan perekonomiannya.

Berangkat dari latar belakang tersebut, PLN UIK Tanjung Jati B memberikan bantuan TJSL berupa peralatan-peralatan produksi kepada beberapa UMKM yang ada di Kabupaten Jepara. Bantuan peralatan tersebut diserahterimakan oleh Assistant Analyst TJSL PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B, Ibnu Wicaksana, kepada 5 UMKM lokal yang ada di 5 desa di sekitar PLTU Tanjung Jati B pada Jumat, 17 Juni 2022,

Salah satu UMKM yang mendapatkan bantuan (Foto:PLN UIK TJB)

Asistant Manajer TJSL PLN UIK Tanjung Jati B, Wahyu Mahaputra menjelaskan peralatan yang diberikan adalah mixer, oven listrik, spinner, bobok purus, bor tuner, dan band saw. “Peralatan-peralatan tersebut diberikan kepada UMKM yang bergerak dalam bidang kerajinan meuble, jam tangan kayu, dan juga kuliner (keripik bakso dan jasa boga),” ujar Wahyu.

Bantuan peralatan tersebut diserahterimakan oleh Assistant Analyst TJSL PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B, Ibnu Wicaksana, (Foto:HumasPLN UIK TJB)

Salah satu penerima bantuan peralatan UMKM ini Ahmad Alex Setiawan, yang merupakan pemilik Carafuru, UMKM yang bergerak dalam bidang kerajinan jam tangan kayu, merasa gembira atas bantuan yang diterima, “Terima kasih kepada PLN UIK Tanjung Jati B atas pemberian bantuan peralatan bor tuner listrik dan juga ban saw. Ini akan sangat membantu dalam meningkatkan usaha produksi jam tangan kayu kami.” ucap Ahmad.

Langkah PLN UIK tanjong Jati B dalam memberikan TJSL bantuan peralatan untuk UMKN di Kabupaten Jepara ini turut berkontribusi dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan pada SDG’s point 8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

HADEPE