blank
Dimas Gustian Saputra (tengah) bersama Muhammad Ali Firdaus dan Salsabila Gabrielle Rizharini foto bersama seusai menerima uang pembinaan. (foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dimas Gustian Saputra, mahasiswa Fakultas Psikologi berhasil meraih juara 1 dalam pemilihan mahasiswa berprestasi (pilmapres) tingkat universitas pada Rabu 29 Juni 2022 di Ruang Sidang Utama, Gedung B, Lt 2 USM.

Kegiatan ini diikuti 13 mahasiswa yang terdiri atas 12 mahasiswa program sarjana dan 1 mahasiswa program diploma yang merupakan perwakilan dari masing-masing program studi di USM.

”Saya tidak menyangka dapat menjadi juara pada pemilihan ini. Awalnya saya grogi dan nervous saat seleksi, namun saya tetap optimistis. Alhamdulillah berkat kerja keras, akhirnya saya bisa menjadi juara,” kata Dimas.

Menurutnya, juara yang saya raih karena persiapan yang saya lakukan dengan sunguh-sungguh mulai dari latihan presentasi, publis speaking, mempersiapkan berkas-berkas administrasi.

”Saya juga melakukan konsultasi pada dosen pembimbing dan senior pilmapres fakultas psikologi,” katanya.

Dimas mengatakan, menjadi mahasiswa prestasi adalah mimpinya dari semester 1. Impiannya itu karena terinspirasi saat melihat porster di gedung fakultas serta foto-foto mahasiswa fakultas psikologi yang menjadi wakil pilmapres dari tahun 2013-2021.

”Untuk menghadapi pilmapres tingkat wilayah, saya akan siapkan mental, fisik, latihan presentasi, dan public speaking. Saya berharap bisa lolos pilmapres tingkat wilayah dan bisa masuk ke tingkat nasional,” ungkapnya.

Pada seleksi ini para peserta diuji dengan empat kategori penilaian, yaitu capaian unggulan yang berupa prestasi-prestasi yang pernah diraih dari tingkat provinisi sampai internasional, naskah Produk Inovatif, presentasi naskah Produk Inovatif, dan kemampuan Bahasa Inggris.

Ada 11 juri yang menilai kemampuan para peserta pilmapres yaitu Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih (Wakil Rektor I), Dr Titin Winarti SKom MKom (Wakil Rektor II), Dr Muhammad Junaidi SHI MH (Wakil Rektor III), Dr Rini L Sugiarti S.Psi M.Si Psikolog (Dekan Fakultas Psikologi), Dr Amri Panahatan Sihotang SS SH MHum (Dekan Fakultas Hukum), Ferry Firmawan ST MT PhD (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik), Prind Triajeng Pungkasanti SKom MKom (Dekan Fakultas Teknilogi Informasi dan Komunikasi), Ir Dewi Larasati MSi (Wakil Dekan Fakultas Teknologi Pertanian), Dini Anggraheni MHum (Ketua Bina Bahasa Jaya USM), dan Hetty Catur Ellyawati SS MHum (Ketua Unit Pengelola Nonstruktural Beasiswa).

Dekan Fakultas Psikologi, Dr Rini L Sugiarti SPsi MPsi Psikolog mengatakan, hasil pilmapres yang dicapai oleh mahasiswanya adalah sebagai penyemangat untuk mengoptimalkan semua kompetensi dalam diri.

”Saya berharap, Dimas dapat mempersiapkan diri sebagai wakil USM pada kompetisi yang lebih tinggi,” ujarnya.

Hasil pemilihan pilmapres tingkat USM, yaitu juara 1 diraih oleh Dimas Gustian Saputra dari prodi S1 Psikologi USM, juara 2 Muhammad Ali Firdaus dari prodi S1 Teknik Sipil, dan juara 3 Salsabila Gabrielle Rizharini dari prodi S1 Ilmu Hukum.

Selain juara dari program sarjana, USM juga mengirimkan wakil pilmapres dari program diploma yaitu Niken Nugrahini Aryanti dari prodi D3 Manajemen Perusahaan.

Muhaimin