blank
Sekda Jepara Edy Sujatmiko saat menyerahkan bantuan bea siswa bagi lulusan terbaik (Foto:Kominfo)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dengan potensi Jepara yang besar, ada banyak peluang yang dapat digapai maupun diciptakan oleh lulusan Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara.  Salah satu di antaranya  sektor unggulan potensial daerah yang bisa digarap para lulusan tersebut. Kunci utamanya adalah terus bergerak meningkatkan kreativitas dan inovasi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Edy Sujatmiko saat memberikan sambutan mewakili Pj Bupati Jepara  dalam sidang senat terbuka wisuda ke-18 Unisnu Jepara di Gedung Wanita, Selasa (28/6/2022).

Menurut Edy bekal keilmuan yang dimiliki diyakini mampu menggerakkan perekonomian daerah, terutama dapat berkontrubusi bagi masyarakat. “Amalkan bekal ilmu yang didapatkan saat berada di kampus. Tingkatkan dengan kreasi dan inovasi,” ujarnya.

Edy Sujatmiko lantas mencontohkan,  jika kiprah kaum intelektual muda terhubung dengan UMKM, maka ekosistem usaha ini akan semakin tangguh. Sehingga mempercepatan pemulihan dan pergerakan ekonomi. Terlebih jumlah sektor tersebut tercatat ada puluhan ribu di Jepara.

blank
Rektor Unisnu Jepara, Dr. H Sa’dullah Assa’idi, M.Ag dalam acara wisuda.

Berbekal ilmu yang dimiliki, para lulusan pun berpeluang dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Karenanya, Edy mendorong mereka menjadi generasi yang kompeten, kompetitif, penuh semangat, sekaligus tetap berakhlak karimah. “Saya mengharapkan kontribusi saudara-saudara semua untuk meneruskan tongkat esafet pembangunan daerah,” kata Edy Sujatmiko.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya turut menyerahkan bantuan beasiswa prestasi akademik kepada 19 lulusan terbaik. “Hal ini sebagai bentuk komitmen Pemkab Jepara dalam mendukung pendidikan dan prestasi anak bangsa,” terang Edy

Rektor Unisnu Jepara, Dr. H Sa’dullah Assa’idi, M.Ag dalam, sambutannya menegaskan, sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara (Unisnu Japara ) berorientasi mencetak intelektual Muslim berkarakter sekaligus mengamalkan prinsip dan nilai-nilai Islam Ahlussunah wal-jama’ah.

Unisnu Jepara  didirikan oleh warga Nahdliyyin, pada dasarnya melaksanakan risalah Nabawiyyah atau misi kenabian (prophetic mission). “Lulusannya  diharapkan dapat mengamalkan prinsip dan nilai aswaja, serta memiliki sikap mental spiritual yang menyejukkan dan gerak kegiatan yang bijaksana sebagai suri teladan bagi masyarakat,” ujar Dr. H Sa’dullah Assa’idi, M.Ag

Adapun jumlah mahasiswa Unisnu Jepara yang diwisuda kali ini berjumlah 438 lulusan. Terdiri dari 7 lulusan Program Pascasarjana, 59 lulusan Fakultas Syari’ah dan Hukum, 121 lulusan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Lalu dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi ada 7 lulusan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 142 lulusan, dan Fakultas Sains dan Teknologi sejumlah 102 lulusan.

Hadepe – Alvaros