blank
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (membelakangi lensa kedua dari kanan), memimpin Rakor bersama lembaga perguruan tinggi membahas masalah KKN mahasiswa.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, mengharapkan ada program KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang berkelanjutan. Tujuannya, agar apa yang direncanakan dapat tergarap secara maksimal.

Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, harapan Bupati itu disampaikan Senin (27/6) dalam Rapat Koordinasi (Rakor) bersama sejumlah lembaga perguruan tinggi dengan jajaran Perangkat Daerah, membahas pemetaan pelaksanaaan program KKN di Kabupaten Pacitan.

Kata Bupati, Kabupaten Pacitan memiliki banyak potensi yang masih membutuhkan sentuhan pembinaan dari berbagai pihak. Salah satunya, peran universitas melalui program KKN mahasiswa.

Menurut Bupati, kehadiran para mahasiswa yang KKN, sangat membantu dalam turut serta mengembangkan potensi Pacitan. Orang nomor satu di Pacitan ini, menginginkan setiap universitas yang melaksanakan program KKN di Pacitan, memiliki satu wilayah binaan yang berkelanjutan. Sehingga apa yang sudah menjadi perencanaan bisa tergarap maksimal.

Jangan Canggung

”Mari bareng-bareng dan jangan canggung untuk komunikasi dengan kami, insha Allah kami sekarang lebih terbuka dan lebih siap dengan masukan-masukan,” jelas Bupati.

Pemerintah Daerah, kata Bupati, sangat membuka diri bagi perguruan tinggi yang akan menempatkan mahasiswanya untuk melaksanakan program pengabdian masyarakat. Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan), mengajak semua saja termasuk peran akademisi, untuk bersama-sama membangun Pacitan yang lebih baik.

”Tidak hanya di KKN, di berbagai hal kami juga menyampaikan, Pacitan jadikan Laboratorium panjenengan untuk tempat survei dan sebagainya,” tambah Bupati.

Rencana KKN mahasiswa di Kabupaten Pacitan dibakukan dalam 9 tema. Terdiri atas pendidikan, desa digital, pengembangan UMKM, pertanian dan peternakan, desa wisata, tanggap bencana, industri, infrastruktur dan kesehatan. Untuk sebaran lokasi KKN, hampir merata di seluruh wilayah Kabupaten Pacitan.

Bambang Pur