seniman Borobudur
Menyambut HUT Ke-76 Bhayangkara, sejumlah seniman Borobudur melukis bersama dengan tema Candi Borobudur dan Polisi. Kegiatan tersebut dilaksanakan di taman depan pintu parkir Taman Wisata Candi Borobudur. Foto: W. Cahyono

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID)- Sebanyak 10 seniman Borobudur melukis bersama di taman depan pintu masuk Taman Wisata Candi Borobudur, Mingg ( 26/6/2022).

Sebelum melukis, para seniman Borobudur tersebut melakukan aksi teaterikal dari halaman SD Kanisius Borobudur menuju pintu parkir Taman Wisata Candi Borobudur yang berjarak sekitar 200 meter.

Setibanya di taman yang ada di depan pintu parkir tersebut, mereka langsung membentangkan kain kanvasnya  dan menggoreskan kuas dengan warna-warni cat alkririk.

seniman borobudur
Salah satu seniman Borobudur Nurochim saat melukis wajah Kapolres Magelang, AKBP Sajarod Zakun. Foto: W Cahyono

Sebagian besar, mereka melukis dengan tema Candi Borobudur. Namun, tiga orang lainnya melukis dengan tema tentang sosok polisi.  Seperti perupa Yatno, dengan kanvas ukuran sedang melukis wajah salah satu tokoh Polisi Indonesia, yakni mantan Kapolri kelima, Jenderal ( Purn) Hoegeng Imam Santoso. Kemudian, pelukis Nurochim melukis wajah Kapolres Magelang, AKBP Sajarod Zakun.

Tidak ketinggalan, perupa Seniman Sony Arya Santosa tidak mau ketinggalan dengan menuangkan cat akliriknya ke dalam kanvas ukuran agak besar dan  melukis dengan model  Kepala Bagian Operasional ( Kaurbinops) Satuan Pengamanan Objek Vital POlres Magelang, Ipda Umy.

Di sisi lain, seniman Sujono Keron bersama dengan Sodik melakukan body painting( melukis di atas tubuh)  Alek Sunari. Tubuh Alex yang telanjang tersebut dicat menyerupai baju seragam polisi lengkap dengan pangkat Ajun Kepala Polisi ( AKP).

Ketua Komunitas Seniman Borobudur Indonesia ( KSBI), Umar Chusaeni mengatakan, kegiatan tersebut sebagai salah satu bukti sinergitas antara pelaku seni yang ada di sekitar Borobudur dengan kepolisian, yakni dengan Polres Magelang.

“Kegiatan ini menjadikan warna tersendiri bagi kawasan Candi Borobudur. Borobudur  tidak hanya indah , tetapi juga berwarna –warni dengan segala budayanya,” kata Umar yang juga pemilik galeri  “Liman Jawi Art “ ini
Ia menambahkan, kegiatan dalam rangka memperingati HUT Ke-76 Bhayangkara tersebut juga menunjukkan bahwa para seniman di Borobudur tetap berkarya, meskipun pandemic covid-19 belum juga usai.

Umar menjelaskan, seluruh karya –karya seniman  tersebut, nantinya akan dipersembahkan ke Polres Magelang untuk menghiasi dinding-dinding tembok yang ada di Mapolres Magelang.

Wakil Kapolres Magelang, Kompol Aron Sebastian mengapresiasi kegiatan para seniman Borobudur yang turut berpartisipasi merayakan HUT Ke-76 Bhayangkara.
“Kegiatan ini  bertujuan untuk mengajak para seniman Borobudur untuk berkontribusi perayaan HUT Ke-76 Bhayangkara yang akan diperingati pada 1 Juli mendatang,” kata Wakapolres Magelang, Kompol Aron Sebastian.

Aron menambahkan,  kegiatan tersebut juga untuk mendukung aktivitas seni dan budaya sekaligus mengembangan pariwisata yang ada di sekitar Candi Borobudur.  W. Cahyono