blank
Peserta Uji Kompetensi Tingkat Naional yang diseenggarakan ole LKP Andy Jepara. ( Foto : Ratu Andayani)

JEPARA (SUARABARU.ID) – TUK ANDY atau Tempat Uji Kompetensi ANDY Jepara telah melaksanakan Uji Kompetensi Tingkat Nasional bagi 15 perias pengaqntin  di Jepara. Kegiatan tersebut berlangsung di aula Disdikpora Jepara, Sabtu (26/6-2022).

Hadir sebagai pengawas dalam Uji Kompetensi,   Dra. Utim Sohijatsih, MH Kepala Bidang PAUD dan PNF Disdikpora Jepara  Sementara sebagai penguji adalah  Iin Purwanti, S.Pd dari Pati, dan  Legimantoro Catur Putro, S.Pd dari Kudus serta  Vivi Abidawati Viantimala sebagai team monitoring pusat LSK Tata Rias Pengantin dari Jakarta melalui siaran Zoom Meeting.

Pelaksanaan uji kompetensi ini sebagai evaluasi setelah menempuh pembelajaran 200 jam sebelumnya dengan materi TRP gaun panjang berkerudung.

blank
Peserta Uji Kompetensi Tingkat Nasional bagi perias pengantin di Jepara. (Foto:Ratu : Andayani)

Apabila dinyatakan kompeten peserta akan mendapatkan sertifikat uji kompetensi yang dikeluarkan oleh Kemendikbud Ristek  melalui Lembaga Sertifikasi Kompetensi Tata Rias Pengantin Pusat.

Setelah peserta mendapatkan sertifikat tersebut dapat digunakan untuk bekerja di industri atau usaha Wedding yang ada di wilayah Jepara atau dimanapun. Dan kegiatan ini dibiayai oleh pemerintah melalui Dirjen Vokasi Kemendikbud Ristek   Dengan demikian  peserta dapat mengikuti pelatihan ini tanpa dipungut biaya. Pelatihan ini hampir tiap tahun diadakan di lembaga Kursus dan Pelatihan ANDY.

Hadepe – Ratu Andayani