SEMARANG – Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) menyelenggarakan kuliah dosen tamu bertajuk fotografi sebagai sarana komunikasi budaya di kampus Unissula (17/6/2022). Acara ini menghadirkan Soetomo MIKom, fotografer profesional dari EOS Creator Indonesia, Direktur Marketing smol.id dan direktur bisnis Inakriya yang juga pengurus nasional Asosiasi Fotografer Indonesia.

Acara yang diikuti ratusan mahasiswa tidak hanya dari prodi Imu Komunikasi yang mengikuti kuliah komunikasi antar budaya, tetapi juga dari prodi lain yang tertarik dengan fotografi.

“Komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai media, selain komunikasi secara langsung, pesan-pesan komunikasi dapat disampaikan melalui media visual seperti fotografi. Fotografi sangat penting terutama untuk lebih memperkenalkan sekaligus melestarikan dan mengembangkan budaya yang ada dalam masyarakat. Foto yang dihasilkan harus menarik setiap orang yang melihatnya karena foto pada dasarnya memiliki kekuatan untuk menyampaikan pesan-pesan kebudayaan secara efektif dan mudah diterima oleh masyarakat bahkan orang awam sekalipun,” kata Soetomo dalam paparannya.

“Selain itu, melalui fotografi kebudayaan bisa dijadikan sebagai daya tarik wisata yang sangat luar biasa bagi suatu daerah, karena foto juga sekaligus sebagai media untuk membentuk opini atau mempersuasi pikiran orang, contohnya adalah Kota Lama di Semarang yang dari hasil foto-foto yang dibuat oleh wisatawan bisa membuat pengunjung Kota Lama tercatat lebih banyak daripada Candi Borobudur”, pungkasnya.

Mahasiswa juga diharapkan tetap percaya diri untuk mengambil foto yang mampu mengkomunikasikan pesan meskipun kamera yang dimiliki biasa saja, karena berdasarkan pengalamannya walaupun pada saat masih mahasiswa masih menggunakan kamera biasa tetapi bisa menjadi juara baik di tingkat nasional maupun internasional.

Lebih jauh Soetomo juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang ingin belajar teknik fotogorafi bisa melakukan hunting bersama, basic training atau menyelenggarakan workshop karena melalui kegiatan tersebut bisa semakin mengasah kepekaan untuk menangkap momen dan juga meningkatkan keterampilan.

Sementara itu menurut Made Dwi Adnjani, dosen pengampu mata kuliah komunikasi antar budaya yang juga menjadi moderator menyampaikan “Kuliah dosen tamu atau kuliah pakar adalah program rutin program studi Ilmu Komunikasi Unissula dengan mengundang praktisi untuk secara langsung memberikan keterampilan bidang komunikasi, salah satunya adalah fotografi yang dipadukan dalam mata kuliah komunikasi antar budaya”, ungkap Made.

Masih menurut Made “Fotografi juga mengajarkan pada kita cara yang unik untuk melihat dunia, sekaligus memberi kesadaran baru akan keindahan dari berbagai perbedaan pemaknaan dari sebuah foto yang dihasilkan oleh fotografer”, pungkasnya.

Sementara itu Urip Mulyadi MIKom, Kaprodi Ilmu Komunikasi Unissula menyampaikan bahwa Prodi Ilmu Komunikasi Unissula memang mempersiapkan lulusannya agar aktif berperan dalam membangun peradaban Islam dengan menjadi profesional dibidang komunikasi. Melalui fotografi sebagai komunikasi budaya diharapkan hal tersebut akan bisa diwujudkan melalui foto landscape maupun human interest yang dibuat mahasiswa Komunikasi.