TEGAL (SUARABARU.ID) – Program Pemerintah Kota Tegal, Jawa Tengah pengadaan Foodtruck untuk melengkapi City Walk Jalan Ahmad Yani Kota Tegal hingga saat ini pemesan baru 5 unit dari 60 unit yang di targetkan.
Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Tegal, M Rudy Herstyawan ST M.Si mengatakan, saat ini pesanan Foodtruck baru 5 unit. Yang sudah beroperasi baru satu unit. Untuk harga foodtruck dipatok Rp 320 juta per unitnya.
“Insya Allah akhir bulan Juni ini pemesan ada 20 unit. Kalau bicara target sesuai panjang Jalan A Yani kanan kiri ada 60 unit,” kata Rudy Herstyawan.
Rudy menyebutkan, salah satu kendala pemesanan Foodtruck tertunda yakni BI Checking. BI Checking merupakan pencatatan informasi dalam Sistem Informasi Debitur (SID) yang berisikan riwayat kelancaran atau non performing credit payment (kolektibilitas) debitur.
“Rata-rata peminat pengin tahu wujudnya Foodtruck seperti apa. Tapi terkendala BI checking,” ungkap Rudy.
Salah satu pemesan Foodtruck H Tambari Gustam warga Tegalsari, Tegal Barat, Kota Tegal, mengatakan untuk harga foodtruck Rp 320 juta per unit menurutnya masih tinggi.
Untuk pengadaan foodtruck ada beberapa alternatif pertama sistem beli melalui Bank namun angkanya masih terlalu tinggi. Kedua dengan sistem sewa. Artinya konsumen nantinya menyewa kepada koperasi yang bekerjasama dengan penyedia jasa foodtruck.
“Nominal harga belum ketemu. Saat ini masih negosiasi makanya ada keterlambatan,” ungkap Tambari yang akrab dipanggil Jitam.
Menurut rencana oleh Pemerintah Kota Tegal foodtruck tersebut akan beroperasi dari hari Minggu sampai Jumat dengan jam buka dari pukul 17.00 WIB sampai pukul 01.00 WIB dan khusus untuk hari Sabtu atau malam minggu jam buka pukul 17.00 WIB sampai dengan pukul 04.00 WIB.
Standart foodtruck yang ditawarkan pihak karoseri yakni truk dengan empat roda (engkel), memiliki fasilitas penampungan air kotor, dan beberapa persyaratan lain, panjang 5,1 meter, lebar 1,8 meter tinggi 2,9 meter. Di dalamnya muat tiga sampai empat orang, sudah dilengkapi tempat pembuangan air kotor, dan genset. Sumber listrik juga bisa menggunakan daya listrik dari PLN.
Sutrisno