Suasana keramaian dalam acara sedekah bumi di Sirahan, Cluwak, Pati. Juga diisi dengan pengajian umum dengan pembicara Kiai Rofiq Malik dari Jepara. Foto: Masruri

Dua tahun sebelumnya, kegiatan serupa ini memang tidak biasa diadakan, karean terjangan pandemic. Dan kini, ketika pandemi mulai mereda, acara tahunan Sedekah Bumi  berjalan seperti biasa.

Acara selamatan di halaman Balai Desa Sirahan di hadiri segenap lembaga desa beserta jajaran pemerintahan desa, dan segenap tokoh masyarakat dan  tokoh agama, dilaksanakan malam Senin pahing di lanjutkan acara pengajian umum dengan pembicara Kiai Rofiq Malik dari Jepara.

Acara adat di awali hari Jumat wage dengan selamatan atau tahlilan bersama di pondok tani Mbah Murah di lanjutkan dengan langen beksan tayub setelah shalat Jumat hingga asyar.

Senin siang dilanjutkan tradisi mengarak Jembul, atau gunungan berisi berbagai makanan tradisional: Gemblong, tape dan aneka buah dan sayur. Berbagai makanan tradisional dipersembahkan kepada Kepala Desa dan warganya.

Bersamaan dengan iringan jembul,  di Balai Desa diadakan pagelaran wayang kulit atau waringgit purwo bersama Ki Dalang Wibowo Asmoro. Wayang kulit seperti tradisi sebelumnya yaitu sehari semalam.

Masruri