blank
Bupati Blora memetik semangka Inul di agrowisata BUMDes Bangsri Jepon. Foto: Prokompim Blora.

“Rencana ke depan kita selalu berkolaborasi sama petani Bangsri, untuk menanam tanaman sesuai cuaca dan musim, dan kedepan kita fasilitasi, dan tempat yang nyaman buat wisatawan,” terang Laga Kusuma.

Agrowisata Desa

Tidak menutup kemungkinan, lanjut Kades Laga, kedepannya berbagai macam tanaman diantaranya buah-buahan akan ditanami di lokasi tersebut. Dia berharap, adanya Agrowisata di desanya bisa mendorong petani setempat untuk lebih maju. Selain itu juga mampu menjadi daya tarik wisata, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bangsri.

“Harapan ke depan, bisa meningkatkan penghasilan petani Bangsri, sekaligus bisa menjadi tempat wisata dengan sistem bagi hasil.   BUMDes selalu mengawal petani Bangsri, semoga kedepanya bisa naik kelas,” tandas Kades Bangsri.

Sementara itu, berikut pesan Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si usai melaunching Agrowisata Petik Buah tersebut.

“Inovasi yang ada di Desa Bangsri Top.  Untuk desa-desa lainnya silahkan studi tiru dan diterapkan di desa masing-masing. Blora akan semakin mempesona dan kesejahteraan masyarakatnya meningkat,’’ ujar Bupati H. Arief Rohman.

Berbagai Inovasi Desa

Inovasi-inovasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Maju Mapan” Desa Bangsri, Kecamatan Jepon dalam rangka mensejahterakan masyarakat patut diacungi jempol. Pasalnya,  selama ini sudah banyak inovasi di desa tersebut,  kini kembali melahirkan inovasi baru, yakni Agrowisata Petik Buah, imbuh Bupati Blora.

Didampingi  Kepala DP4 Blora, drh. Gundala W, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si sangat antusias melakukan panen perdana buah semangka sekaligus launching Agrowisata Petik Buah di Desa Bangsri, pada Minggu (19/6/2022).

Orang nomor satu di Blora itu juga sempatkan mencicipi bahkan manis dan segarnya buah semangka hasil panen di lokasi itu. Cukup menakjubkan, dari hasil panen tersebut ternyata ada buah semangka yang berukuran besar dengan berat antara 8 kg hingga 9 kg.

Semangka Madu dan Inul

“Semangka dari Desa Bangsri ini top, manis dan segar. Untuk para pecinta buah-buahan. Mulai hari ini  Minggu 19/6/2022, di desa Bangsri, BUMD Maju Mapan punya usaha menanam semangka.  Hasilnya bagus. Untuk masyarakat yang ingin petik buah datang ke Bangsri nanti nimbang sendiri langsung dihitung,” kata Bupati H. Arief.

  1. Arief Rohman yang akrab disapa Mas Arief tersebut sangat mengapresiasi adanya inovasi – inovasi dari Desa Bangsri yang saat ini dinahkodai Kades Laga Kusuma.

“Saya sampaikan apresiasi dengan apa yang telah dilakukan oleh Desa Bangsri ini melalui BUMDes-nya. adanya Agrowisata ini merupakan langkah inovatif  yang patut dicontoh,” tandas Bupati Blora.

Kudnadi Saputro