blank
Peserta Festival Lyang-yang Internasional dari Indonesia, termasuk Jep;ara ( Foto : Teni )

JEPARA (SUARABARU.ID) –  Perkumpulan Pelayang Seluruh Indonesia (PELANGI) Kab. Jepara mengirimkan wakilnya,  Arif Rahmawan, Ketua Pelangi  Jepara  untuk mengikuti Festival Layang-Layang Internasional yang diselenggarakan di di  Sumarrecon Bogor Minggu  (19 Juni 2022).

Festival dihadiri pelayang Internasional dari 7 negara yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand,Jepang, Swedia Polandia . Serta klub pelayang lokal dari beberapa kota seperti Jakarta, Bali, Jogja, Cilacap dan Jepara. Dalam acara tersebut juga diberi kesempatan mengunjungi Museum Layang-layang Indonesia di Pondok Labu Jakarta selatan.

blank
Peserta Festival Layang-Layang Internasional yang diselenggarakan di di Sumarrecon Bogor . (Foto : Teni)

Menurut Arif Darmawan, PELANGI Kab. Jepara sebagai bagian dari PELANGI Nasional memiliki misi untuk melestarikan layang-layang Indonesia,   meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap layang-layang, meningkatkan inovasi dan kreasi dalam pengembangan layang-layang serta  mengembangkan kegiatan layang-layang sebagai daya tarik wisata, olahraga dan budaya.

Ia menjelaskan, kehadirannya dalam meramaikan Festival internasional bagi PELANGI Kab Jepara diharapkan  menjadi salah satu referensi dan pembelajaran ketika di hari depan kota Jepara mengadakan acara yang sama.

blank
Arif Darmawan,Ketua Pelangi Jepara ( Foto: Teni)

Harapannya agar pembuat dan penyuka layangan kota Jepara bisa mengekspresikan kemampuan mereka untuk kepentingan sosial dan komersial.

“Dalam hal kebudayaanpun Jepara memiliki legenda Sungging Prabangkara yang berhubungan erat dengan layang-layang dan seni ukir Jepara. Hal lain bisa juga menjadi agenda wisata tahunan di Jepara,” ujar Arif Darmawan. Disamping itu Jepara juga sangat kaya dengan lokasi yang dapat digunakan untuk even layang-layang, tambahnya.

Hadepe – Teni