blank
Kepala DLH Kabupaten Blora, Istadi Rusmanto, di Pasar Sidomakmur. Foto: DLH Blora

BLORA (SUARABARU.ID) – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora mengeluarkan jurus bari untuk mengatasi penumpukan sampah yang tak terkendali. Kini disediakan kontainer pilah sampai di Pasar Sido Makmur Blora.

Hingga saat ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora berupaya untuk mengendalikan sampah dari hulu, salah satunya adalah sampah dari Pasar Sido Makmur Blora.

Kepala Bidang Pengelolaan dan Pengendalian Sampah DLH Blora, Bayu Himawan, ST., MM., mengatakan bahwa  kenaikan sampah di tempat pembuangan akhir terus meningkat hingga 100 ton, Jumat, (17/6/2022).

“Kami berupaya mengendalikan sampah dari masyarakat, dengan membangun fasilitas pengembangan TPA, dan sistem pemilahan sampah, dengan memberdayakan tenaga pemilah sampah dan tim BSI, akan tetapi jumlah sampah yang datang tidak sebanding dengan jumlah pekerja dan tim yang ada, untuk kita perlu terobosan baru pilah sampah dari hulu, seperti di Pasar Sido Makmur ini,” ungkap Bayu Himawan.

Kontainer Pilah Sampah

Untuk menjalankan pilah sampah dari hulu itulah, DLH Kabupaten Blora mengadakan lima bak kontainer pilah sampah, yang dianggarkan di tahun anggaran 2022 ini, yaitu bak kontainer yang terbagi dua ruang untuk sampah organik, yang ditandai dengan warna hijau dan nonorganik yang ditandai dengan cat berwarna kuning.