blank
Presiden Jokowi (kanan) bersama Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier, melambaikan tangan pada peserta upacara penyambutan yang dilakukan di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Kamis (16/6/2022). Foto: humas setkab

BOGOR (SUARABARU.ID)– Tahun ini, Indonesia dan Jerman memperingati 70 tahun hubungan diplomatiknya. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap, peringatan hubungan yang telah terjalin sejak 1952 itu, menjadi momentum untuk memperkuat kemitraan kedua negara.

”Tahun ini kita memperingati 70 tahun pembukaan hubungan diplomatik Indonesia-Jerman. Ini merupakan momentum bagi Indonesia dan Jerman, untuk memperkuat hubungan,” ujar Jokowi, dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Federal Jerman, Frank-Walter Steinmeier, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/6/2022).

Presiden pun menyambut baik berbagai rangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka peringatan 70 tahun hubungan diplomatik ini, termasuk Pameran Documenta Fifteen, yang menghadirkan seniman asal Indonesia, Ruangrupa.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Sambut Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier di Istana Bogor

”Saya mencatat berbagai rangkaian kegiatan perayaan 70 tahun, termasuk pameran seni kontemporer Documenta Fifteen di Jerman, yang menggandeng kelompok seniman Indonesia, Ruangrupa, yang akan dibuka Presiden Steinmeier,” ungkap Jokowi.

Dalam pertemuan bilateral yang akan membahas kerja sama ekonomi bilateral itu, tak lupa presiden menyampaikan ucapan selamat datang kepada Presiden Steinmeier beserta delegasinya yang ikut ke Indonesia.

”Ini merupakan kehormatan bagi saya, menerima kunjungan ini. Di pertemuan empat mata tadi, kita sudah membahas banyak hal. Baik mengenai hubungan Indonesia-Jerman, maupun situasi dunia saat ini,” tutur dia.

BACA JUGA: Jumat Besok Borobudur Ditutup, Ada Kunjungan Presiden Jerman

Kunjungan Presiden Frank-Walter Steinmeier ini, juga dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan bilateral di berbagai bidang. Mulai dari investasi, perdagangan, transisi energi, dan kerja sama gerak antara G20 dan G7.

Presiden Frank-Walter Steinmeier tiba di Indonesia melalui Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (15/6/2022) sekitar pukul 19.25 WIB. Mereka direncanakan akan berada di Indonesia selama tiga hari. Sebelum lawatannya ke Indonesia, Presiden Jerman telah mengunjungi Singapura, Senin-Rabu (13-15/6/2022).

Riyan