blank
Mahasiswa short course dari PSU Thailand ketika berada di Kampus Unsiq Jateng di Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Universitas Sains Al Quran (Unsiq) Jawa Tengah di Wonosobo menerima enam mahasiswa peserta short course studi Indonesia (SI) dan local culture (LC) dari Princen of Sangkla University (PSU) Thailand.

Ke-enam mahasiswa tersebut diterima Wakil Rektor I Unsiq Dr H Arifin Shidiq MPdI, Wakil Rektor III Unsiq Jateng di Wonosobo Dr Heri Hermanto, MT dan jajaran Dekan di Aula Program Pasca Sarjana, Selasa (14/6/2022).

Mereka adalah Nuraida Botoh (Thai Lang and Lit), Nuranda Saleah (Engglist Study), Fahmee Sabeela, Saswanee Malee (Bahasa Melayu), Chutikan Sakun-Iam dan Muhammad Abdulhadi E-Tate (European Study).

Arifin Shidiq mengatakan mahasiswa short course berada di Unsiq selama 25 hari, mulai Senin (14/6) hingga Jumat (7/6/2022) mendatang. Mereka akan tinggal di Asrama Unsiq dan paginya mengikuti kuliah bersama mahasiswa reguler lainnya.

“Hanya saja, kuliah yang diikuti khusus studi Indonesia dan budaya lokal. Mereka akan belajar bahasa Indonesia, dari mulai belajar struktur bahasa, membaca, mendengar, menulis dan berbicara dengan bahasa Indonesia,” ujarnya.

Budaya Lokal

blank
Mahasiswa short course dari PSU Thailand foto bersama dengan pimpinan Unsiq Jateng di Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Di luar itu, sambung Arifin, mahasiswa short course juga akan belajar budaya lokal (local culture), seperti tari tradisional, kuliner khas Indonesia (Jawa), bahasa, tradisi dan budaya Jawa serta Islam Nusantara. Mereka akan didampingi mahasiswa dan dosen Sastra Inggris Unsiq.

Selain mengikuti program perkuliahan reguler di kampus Unsiq, mahasiswa short course juga akan melakukan studi lapangan. Mereka akan mengunjungi tempat wisata Dieng, Candi Borobudur di Magelang dan ke kampung budaya di Wonosobo.

Arifin menambahkan, program short course ini akan lakukan Unsiq setiap tahun dengan dua angkatan. Pihaknya saat ini sudah bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Asia Tenggara dan Timur Tengah.

“Di semester ini diawali kerjasama dengan PSU Thailand. Semester depan kerjasama dengan Universitas Malaya Malaysia dan Universitas Cairo Timur Tengah. Mereka disamping belajar tentang budaya Indonesian juga Islam Nusantara),” katanya.

Pada hari pertama di kampus Unsiq, peserta short course diajak keliling ke beberapa sudut kampus guna mengenal lebih dekat lokasi kampus Unsiq Jateng di Wonosobo yang berada di Kalibeber Mojotengah.

Muharno Zarka