blank
Tim Robot Jurusan Teknik Elektro Universitas Semarang (USM) foto bersama Rektor USM, Dr Supari ST MT. (Foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dua Tim Robot Jurusan Teknik Elektro Universitas Semarang (USM), Useros dan Injoh_Bot berhasil meraih juara II dalam Seleksi Wilayah 1 Kontes Robot Indonesia (KRI) 2022 kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) dan Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI).

Ketua Jurusan Teknik Elektro USM, Dr Ary Endang Jayanti ST MT mengatakan, Tim Useros meraih Juara II kategori KRSBI, sedangkan Tim njoh_Bot meraih Juara II kategori KRSRI. Atas hasil itu, kedua Tim Robot USM berhak mengikuti lomba tingkat nasional.

blank
Robot Useros dan Injoh_Bot tampil dalam Seleksi Wilayah 1 Kontes Robot Indonesia (KRI) 2022. (Foto;Humas USM)

”KRSBI beroda diikuti oleh Tim Useros dengan anggota, Yehezkiel Stiffianus, Muhammad Iqbal Hakim, Farid Alfian Maulana, Muhammad Abdul Hakim Hafidh dan Esti Lestari dengan pembimbing La Ode Muhammad Idris ST MT,” ujarnya.

Adapun KRSRI, katanya, diikuti Tim Injoh_Bot dengan anggota, Fatahilah, Ryan Widiatma dan Wanda Maulita Zuniar K dengan pembimbing Sri Heranurweni ST MT.

Ary menjelaskan, KRI tingkat wilayah diikuti 313 tim dari 114 perguruan tinggi di 22 provinsi dan 14 wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). Dari wilayah I terdapat 152 tim dan 161 tim dari wilayah II.

“KRI 2022 diselenggarakan secara online untuk seleksi tingkat wilayah satu dan dua pada tanggal 7-13 Juni 2022 serta tingkat nasional diselenggarakan di ITS secara offline pada 29 Juni – 3 Juli 2022 di Graha ITS,” jelasnya.

Menurut Ary, keberhasilan tim robot USM dalam seleksi wilayah I, merupakan upaya keras tim robot mengatasi keterbatasan waktu dan regenerasi tim, serta berkat bantuan dari universitas.

Kontes Robot Indonesia ini dapat diikuti oleh tim mahasiswa pada perguruan tinggi yang tercatat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

”Tujuan untuk menumbuh kembangkan dan meningkatkan kreativitas mahasiswa di perguruan tinggi, mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam dunia nyata, meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pengembangan bidang teknologi robotika,” ungkapnya.

KRI 2022 terbagi menjadi dua wilayah. Wilayah satu terdiri atas seluruh perguruan tinggi di Sumatera, Kepulauan Riau dan Batam, Jawa Barat, DKI, Banten dan Jawa Tengah.

Adapun wilayah dua terdiri atas perguruan tinggi di Kalimantan, Sulawesi, Bali, Jawa Timur, DIY, Bali, dan Nusa Tenggara.

KRI 2022 mempertandingan 6 divisi robot antara lain Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI); Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda; Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid; Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Muhaimin