blank
Anggota Tim PkM USM, Susanto (baju putih) membantu peserta pelatihan Keterampilan Manajemen Produksi secara Digital kepada Pelaku UMKM di bawah binaan Serabut Nusa Ungaran, pada Kamis (09/06). (Foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) memberikan Pelatihan Keterampilan Manajemen Produksi secara Digital kepada Pelaku UMKM di bawah binaan Serabut Nusa Ungaran, pada Kamis (09/06).

Tim PkM FTIK USM diketuai, Rastri Prathivi MKom dengan anggota Susanto MKom, dan Mohammad Sani Suprayogi MCs, serta dua mahasiswa FTIK USM Jeremia Maheswara dan Ichsan Rinanto.

Rastri menjelaskan, tujuan kegiatan untuk meningkatkan keterampilan manajemen produksi secara digital menggunakan aplikasi krealogi yang diinstal di smart phone peserta yaitu pelaku UMKM Binaan Serabut Nusa Ungaran.

”Maksud serta tujuan tim pengabdi dari USM adalah memberikan pemahaman dan meningkatkan keterampilan para pelaku UMKM tentang cara menggunakan aplikasi krealogi untuk melakukan manajemen produksi bagi produk barang yang mereka hasilkan. Selain itu juga memahami pentingnya melakukan manajemen produksi setiap hari sehingga dapat dimonitoring hasil penjualan bagi produk-produk UMKM,” jelas Rastri.

Menurutnya, banyak pertanyaan yang muncul dari peserta seputar manajemen produksi dengan aplikasi krealogi dan kiat-kiat untuk melakukan manajemen produksi agar mendapatkan laba yang signifikan.
”Pengelola UMKM menginginkan adanya peningkatan keterampilan manajemen produksi secara digital bagi rekan-rekannya,” katanya.

Sementara itu, Susanto mengtakan, beberapa kiat–kiat yang perlu dilaksanakan untuk memulai manajemen produksi secara digital adalah melakukan perencanaan bahan baku dan pengelolaan jumlah produksi yang seimbang.

Dalam PKM ini Mahasiswa berpartisipasi dengan mendampingi para peserta yang kesulitan untuk membuat email dan mengakses aplikasi krealogi.

Susanto menambahkan, manajemen produksi perlu selalu disiplin dilakukan oleh pelaku UMKM. Adanya aplikasi krealogi akan mempermudah mereka melakukan manajemen produksi secara digital.

Muhaimin