blank

KENDAL(SUARABARU.ID)-Kabar duka datang dari Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Dimyati Rois. Kiai Dimyati Rois meninggal dunia di Rumah Sakit Telogorejo, Semarang, dalam usia 77 tahun pada Jumat (10/06/2022) pukul 00.15 WIB dini hari.

Kabar duka juga tersebar di sejumlah akun media sosial facebook dan sejumlah grup whatsApp.

KH. Dimyati Rois atau yang lebih dikenal dengan panggilan Abah Dim lahir pada 5 Juni 1945 di Tegal Glagah Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah. Beliau merupakan putra kelima dari sepuluh bersaudara yaitu dari pasangan KH. Rois dan Nyai Djusminah.

Saudara-saudara beliau diantaranya Ny. Khanifah, KH.Tohari Rois, KH. Masduki Rois, H. Murai Rois, KH. Saidi Rois, Ny. Khotijah, KH. Syatori Rois, Ny. Mukoyah dan Ny. Daroroh. KH. Dimyati Rois,

Latar belakang KH. Dimyati Rois adalah asli keturunan petani dan santri baik dari pihak ayah maupun dari pihak ibu. Selain itu, kedua orang tuanya selalu mengajarkan dan melatih kepada putra-putrinya untuk senantiasa taat dalam beribadah.

“Pada 1 Januari 1978, KH. Dimyati Rois melepas masa lajangnya dengan menikahi Hj. To’ah, putri tunggal dari pasangan KH. Ibadullah dan Hj. Fatimah,”kata Supriono, kerabat KH. Dimyati Rois.

Buah dari pernikahannya, beliau dikaruniai sepuluh putra-putri, yaitu, H. Gus Fadlullah, H. Gus Alamudin BA., Hj. Ning Lailatul Arofah, H. Gus Qomaruzzaman, Hj. Ning Lama’atus Sobah, H.Gus Hilmi, H.Gus Thoha Mubarok, H.Gus Husni Mubarok, H.Gus M. Iqbal dan Gus Abu Khafsin Almuktafa.

KH. Dimyati Rois membekali putra-putrinya dengan nilai-nilai agama Islam, mengajari putra-putrinya untuk menuntut ilmu dan terus belajar, karena menurut beliau bahwa seseorang tidak akan menjadi pandai tanpa adanya suatu proses pembelajaran.

KH. Dimyati Rois yang merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Fadlu wal Fadhilah Jagalan, Kaliwungu ini, semalam tak sadarkan diri sebelum akhirnya dilarikan ke Rumah Sakit Telogorejo, Semarang dan akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya. Almarhum, akan dikebumikan di lingkungan Pondok Pesantren Al-Fadhlu wal Fadhilah 2 Desa Sidorejo Brangsong Kendal, setelah di shalatkan di Masjid Almutaqin Kaliwungu pada Jumat pukul 13.00. Sapawi